Pangdam I/BB Tutup TMMD ke-115 Asahan

Pangdam I/BB Tutup TMMD ke-115 Asahan
Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, menutup kegiatan TMMD ke-115 Asahan (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Asahan - Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Pangdam I/BB), Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menutup kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Asahan yang berlangsung di Kecamatan Sei Kepayang Timur dan Silau Laut, Rabu (9/11).

Penutupan TMMD dihadiri Bupati Asahan, Surya, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, Ketua Pengadilan Negeri Kisara, Nelson Angkat, Kajari Asahan, Dedyng Wibiyanto Atabay, Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Danlanal TBA, Letkol (P) Aan Prana Tuag Sebayang, Danrem 022/PT, Kolonel Inf Luqman Arief dan Dandim 0208/AS Letkol Inf Franki Susanto yang juga menjabat Dansatgas TMMD ke-115 Asahan.

Dalam kegiatan penutupan itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, mengatakan, tujuan TMMD membantu pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, yang sangat dibutuhkan dalam menyejahterakan masyarakat.

"TMMD ini juga merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya para pendahulu kita yang selalu bekerja sama bahu-membahu antar setiap eleman masyarakat dalam setiap kegiatan yang dikenal dengan istilah gotong royong," kata Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan tema TMMD dedikasi terbaik membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Manfaat pelaksanaan TMMD ini, dari segi kesejahteraan masyarakat adanya peningkatan desa swadaya desa terbelakang menjadi swakarya berkembang sampai menjadi swasembada desa maju.

"Saya selaku Pangdam I/BB mengucapkan terimakasih kepada Dansatgas TMMD ke-115 tahun anggaran 2022 yaitu Dandim 0208/AS, Bupati Asahan, serta partisipasi masyarakat serta seluruh pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan TMMD dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana," ujarnya.

Adapun yang menjadi sasaran TMMD yang dilaksanakan ini antara lain sasaran fisik, hasil yang telah dibangun agar senantiasa dijaga dan dipelihara agar usia pakai serta manfaatnya bisa dirasakan dinikmati oleh masyarakat dalam kurung waktu yang cukup lama.

Di samping itu juga telah dilaksanakan sasaran nonton fisik berupa penyuluhan yang bedampak positif bagi masyarakat dan generasi muda agar mampu membangun karakter bangsa demi tercipta kemandirian bangsa.

"Kepada masyarakat agar bisa menjaga infrastruktur jalan yang telah dibangun dengan cara gotong royong, melalui program fisik dan non fisik TMMD dapat memberikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara selaras dengan cita-cita bangsa dengan mewujudkan NKRI yang merdeka bersatu, adil dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945," tegasnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi