Stop BAB Sembarangan Dideklarasikan di Aek Nabara Barumun

Stop BAB Sembarangan Dideklarasikan di Aek Nabara Barumun
Deklarasi Stop BAB Sembarangan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Aeknabara Barumun - Kampanye Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan dideklarasikan di Aeknabara Barumun.

Deklarasi ini dalam rangka melaksanakan pilar pertama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yaitu open defecation free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan oleh Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) melalui Dinas Kesehatan.

Deklarasi yang dilaksanakan di pelataran Puskesmas Padang Garugur, Kecamatan Aek Nabara Barumun, dibuka oleh Plt. Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Palas, Amelia Roitina mengungkapkan, ODF atau Stop BAB Sembarangan adalah kondisi individu tidak lagi BAB di sembarangan tempat, karena BAB dampaknya bagi penyebaran penyakit, khususnya berbasis lingkungan.

"Stop BAB Sembarangan merupakan pilar pertama dari lima pilar STBM yang merupakan program nasional yang berbasis lingkungan," katanya, Rabu (23/11).

Ia mengingatkan, capaian ini tidak akan terwujud kalau hanya bidang kesehatan saja yang berperan, komitmen bersama mulai dari pemerintah kecamatan, desa, petugas kesehatan dan lapisan masyarakat menjadi kunci keberhasilan desa ODF atau Stop BAB Sembarangan.

Deklarasi Stop BAB Sembarangan yang dilaksanakan di Aek Nabara Barumun merupakan yang pertama dan perdana di Palas.

"Alhamdulillah, di tahun ini Kecamatan Aek Nabara Barumun berhasil mencapai angka 100 perse . Sehingga acara ini dapat kita laksanakan," jelas Amelia.

Plt Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama yang luar biasa antara dinas kesehatan, pemerintah kecamatan kepala desa dan unsur masyarakat, sehingga Kecamatan Aek Nabara Barumun dapat mengukir prestasi gemilang.

"Usaha yang dilakukan bapak dan ibu selama empat tahun ini sesuai laporan Kadis Kesehatan, sesungguhnya adalah pekerjaan ibadah karena Allah itu sangat mencintai orang orang yang mensucikan diri. Dia Maha bersih yang menyukai kebersihan," ujar Zarnawi.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi