Antoni Dipercaya Jadi Jubir PN Kisaran

Antoni Dipercaya Jadi Jubir PN Kisaran
Antoni Trivolta yang diangkat Ketua PN Kisaran sebagai Juru Bicara (Jubir) PN Kisaran, Rabu (18/1) (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kisaran kelas IB, Halida Rahardhini, mempercayai Antoni Trivolta sebagai Juru Bicara (Jubir) di PN Kisaran. Tugas dari jubir ini adalah untuk memberikan keterangan secara resmi mengenai teknis dalam persidangan.

"Ketua PN Kisaran yang baru, Ibu Halida Rahardhini telah mempercayai saya sebagai Jubir dalam hal mengenai teknis persidangan, artinya ketika rekan-rekan ingin konfirmasi terkait persidangan maka sama saya," ungkap Antoni Trivolta, Rabu (18/1).

Saat ini ada 2 jabatan yang bisa berhubungan di PN Kisaran di antara jabatan Hubungan Masyarakat (Humas) dan Jubir. Untuk jabatan Humas, diberikan kepada Yohana Timora Pangaribuan dan jabatan Jubir diberikan kepada Antoni Trivolta.

"Untuk jabatan Humas, itu non teknis ke pemerintah, contohnya ketika ada kegiatan Pemerintah Kabupaten Asahan, Ibu Ketua tidak bisa menghadiri maka yang menghadiri Humas, sedangkan Jubir berhubungan untuk menjelaskan secara teknis tentang persidangan kepada rekan-rekan pers, dan Mahkamah Agung jabatan ini sudah ada," ujarnya.

Lanjut dia menjelaskan, dasar penunjukan Jubir secara khusus baru diatur dalam peraturan Mahkamah Agung (perma) nomor 7 tahun 2015 sebagaimana diubah dengan peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2015 tentang organisasi tata kepaniteraan kesekretariatan peradilan.

"Di dalam Perma itu, Ketua Pengadilan menunjuk hakim sebagai Jubir untuk memberikan penjelasan hal-hal tentang yang berhubungan tentang pengadilan," jelasnya.

Hal ini, lanjut Antoni menyebutkan, berarti jabatan khusus yang mengemban tugas selaku juru bicara adalah hakim. Pada umumnya esensi informasi yang dibutuhkan masyarakat/media di pengadilan bersumber pada perkara atau putusan sehingga bila mengacu pada prinsip kehumasan.

"Artinya yang ditunjuk harus memahami semuanya, maka tepatlah penunjukan hakim selaku juru bicara pengadilan," ujarnya.

Antoni menjelaskan, dengan diberikan amanah menjadi Jubir di PN Kisaran, ini menjadi suatu tantangan dan semangat baru bagi dirinya.

"Saya akan menjaga amanah dari Ibu Ketua PN Kisaran, dan saya juga berharap kepada rekan-rekan pers bisa bekerja sama," harapnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi