Ridwan Kamil Menyebut Program Mesra Solusi Hindari Rentenir

Ridwan Kamil Menyebut Program Mesra Solusi Hindari Rentenir
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan keterangan saat kunjungan kerja ke Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (1/2) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Solusi melawan rentenir, Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) melalui program Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) akan membantu masyarakat kecil untuk berusaha atau menjalani UMKM dengan memberikan pinjaman tanpa suku bunga dan anggunan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan progam Mesra ini merupakan unggulan dari BJB untuk memberantas rentenir, yang memberikan pinjaman uang dengan suku bunga yang tinggi dan harus memiliki anggunan.

"Tolong sampaikan, Pak Ridwan Kamil punya solusi memberantas rentenir. Solusinya apa, Bank BJB punya produk yang bisa membantu warga menengah bawah pinjam uang tanpa bunga tanpa agunan," kata Ridwan saat kunjungan kerja diacara BJB Mesrakan Medan di Lapangan Benteng Medan, Rabu (1/2).

Ia menjelaskan untuk syaratnya cukup mudah. Pemberian pinjaman uang atau modal usaha ini, syarat pertama harus berkelompok 5 hingga 10 orang. Kedua, rajin beribadah. Karena, penyaluran kredit ini bernafaskan Pancasila.

"Yang Kristiani ke Gereja, yang muslim ke Masjid dan dapat rekomendasi dari pengurus rumah ibadah," jelas mantan Wali Kota Bandung itu.

Kata dia, pemberian kredit ini, untuk dijadikan modal usaha bagi pelaku UMKM masyarakat golongan menengah ke bawah. Dengan pemberian pinjaman Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta.

"Kalau ada, 10 orang masing-masing Rp 5 juta dan dapat pinjaman hingga Rp 50 juta. Untuk kredit yang paling bawah untuk usaha UMKM," tuturnya.

Program Mesra ini, Ridwan Kamil mengatakan pihaknya tidak mau rakyat Indonesia, jadi korban lentenir yang sekarang pindah ke digital menjadi pinjaman online (Pinjol) ilegal.

"Dulu diintimidasi oleh depkolektor, sekarang diintimidasi melalui digital dengan menyebar wajah kita yang pinjol. Jadi, inilah solusinya. Sudah ribuan masyarakat, yang mendapat manfaat di belasan Kabupaten/Kota di Indonesia, yang ada cabang-cabang Bank BJB," terangnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan untuk program ini, kredit macetnya sangat kecil sekali hanya 1,3 persen. Menandakan Mesra ini sukses dan lancar. Dengan itu, ia meminta media massa memperluas informasi ini khususnya di wilayah Sumatera Utara.

"Masyarakat bisa datang ke Bank BJB, ikuti prosedurnya dan langsung dibantu oleh sistem kredit Mesra. Yang singkatannya, adalah Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera," ungkapnya.

Dia berharap program Mesra ini bisa melihat rakyat Indonesia naik kelas kesejahteraannya.

"Ini yang membuat Jawa Barat tingkat kemiskinannya turun tertinggi di Indonesia tahun 2022. Salah satunya inovasi yang luar biasa ini," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi