Prince of Songkla University, Thailand Tertarik Berkolaborasi dengan USU

Prince of Songkla University, Thailand Tertarik Berkolaborasi dengan USU
Prince of Songkla University, Thailand saat berkunjung ke USU. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Prince of Songkla University (PSU) tertarik untuk berkolaborasi dengan Universitas Sumatera Utara (USU). Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., menyambut baik rombongan dari universitas yang berada di Thailand itu.

Rektor mengatakan, kunjungan PSU merupakan tindak lanjut implementasi MoU antara USU dengan PSU beberapa waktu lalu.

Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU Prof. Dr. Eng. Himsar Ambarita, S.T., M.T., menambahkan bahwa audiensi ini membahas tentang perluasan kerja sama di masa depan seperti kolaborasi riset dan pertukaran mahasiswa, hal itu mengingat karena PSU salah satu kolaborator USU yang paling aktif.

“Jadi tim PSU termasuk kolaborator kita yang paling aktif jadi beberapa dosen kita juga alumni dari sana, dan beberapa sekarang ada yang lagi kuliah di sana, jadi ingin kita perluas lagi,” katanya.

Assistant President For International Affairs PSU, Prof. Dr. Wongkot Phuphumirat, sejumlah program kerja sama antaruniveritas ini masih hanya diperuntukkan untuk program studi di Fakultas Teknik, FMIPA, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keperawatan.

PSU sendiri akan mengundang mahasiswa USU dari bidang terkait untuk belajar di sana. Assistant President For International Affairs PSU mengatakan bahwa PSU menyediakan beasiswa bagi mahasiswa USU.

“Langkah selanjutnya, mengundang mahasiswa-mahasiswa terbaik di USU untuk belajar di PSU dengan disediakannya beasiswa. Selain itu juga melakukan kerja sama di bidang pengajaran dan riset,” terang Prof. Wongkot Phuphumirat.

Prof. Dr. Wongkot Phuphumirat berharap kedua universitas dapat lebih aktif melakukan riset bersama, dan menjalin kolaborasi yang erat di masa depan baik dari bidang riset, pertukaran mahasiswa, maupun pengajaran.

“Harapannya lebih aktif untuk dapat melakukan riset bersama, kolaborasi yang erat di masa depan baik dari bidang riset , pertukaran mahasiswa, dan dan pengajaran,” tambahnya.

Sebagai informasi audiensi tersebut turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik USU USU Dr. Ir. Fahmi, ST, M. Sc, IPM, Dekan Fakultas Keperawatan USU, Dr. Dudut Tanjung, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB, kemudian Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU, Dr. drg. Essie Octiara, Sp. KGA, dan Dekan FMIPA FMIPA USU, Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc,

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi