Pelepah Sawit Diolah Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis

Pelepah Sawit Diolah Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis
Kapolsek Bahorok, AKP Pamilu H Hutagaol, melihat hasil pengrajin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Bahorok - Kelapa sawit adalah salah satu tanaman yang memiliki manfaat berkelanjutan, karena tidak menyisakan limbah.

Selain buahnya dapat diolah menjadi minyak kelapa sawit, hampir semua bagian dari kelapa sawit dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi barang bernilai ekonomi, salah satunya yakni pelepah sawit.

Menyikapi hal tersebut, Kapolsek Bahorok AKP Pamilu H Hutagaol, menggandeng kelompok pengrajin tangan Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, untuk memanfaatkan pelepah sawit menjadi kerajinan bernilai ekonomis.

"Dalam upaya penurunan angka kemiskinan di wilayah Polsek Bahorok, Polres Langkat Polda Sumut, menggandeng Pak Suratna atau yang sering disapa dengan Pak Je, salah satu pengrajin tangan Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat," kata Kapolsek Bahorok, AKP Pamilu H. Hutagaol, Kamis (2/3).

Dikatakannya, kegiatan ini untuk mengembangkan inovasi memanfaatkan tumpukan lidi yang berasal dari pelepah sawit untuk dijadikan beragam kerajinan, seperti piring, nampan, tempat buah, tempat minuman gelas, dan kerajinan lainnya yang dapat membantu perekonomian warga desa.

"Nantinya selain sebagai pengisi waktu luang, kerajinan sawit ini juga dapat membantu pendapatan alternatif warga Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok," pungkas Kapolsek.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi