Sosok Sarat Prestasi

Babay Parid Wazdi Dirut Bank Sumut

Babay Parid Wazdi Dirut Bank Sumut
Babay Parid Wazdi Dirut Bank Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Sumut memutuskan Babay Parid Wazdi sebagai Direktur Utama (Dirut) Bank Sumut dalam rapat yang digelad di Gedung Bank Sumut, Medan, Senin (6/3).

Mantan Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI (22 Maret 2022-Maret 2023) telah diusulkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjalani tahap uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Babay menggantikan dirut yang lama, Rahmat Fadilah Pohan, yang diberhentikan awal tahun ini.

Dalam keterangan yang diterima Analisadaily.com, Rabu (8/3), disebutkan, Kang Farid, panggilan akrabnya, merupakan pria kelahiran Karawang, 22 Juli 1971. Dia meraih gelar sarjana Pertanian dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1997 dan gelar master di bidang manajemen bisnis dari International University of Japan pada 2011.

Tidak hanya itu, Farid memiliki pengalaman di dunia perbankan dari mulai menjadi Team Leader Capability Development Business Banking II Human Capital Bank Mandiri (Mei 2014-Januari 2015) dan Transactional Banking Sales Manager Kanwil IV Jakarta Thamrin Bank Mandiri (Januari 2015-Mei 2017).

Kemudian, Kepala Divisi International & Transaction Banking Bank BJB (Mei 2017-Oktober 2018) dan Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah (Oktober 2018), Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah merangkap Direktur Keuangan Bank DKI (21 Februari 2020-21 April 2021).

Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah merangkap Direktur Teknologi & Operasional serta Direktur Pengendalian Risiko Kredit & Kelembagaan Bank DKI (28 Juni 2021-18 Oktober 2021). Saat ini, Farid dipercaya menjabat sebagai Direktur Ritel & Syariah Bank DKI (22 Maret 2022-Mar 2023).

Kang Farid memiliki deretan prestasi tinggi dalam dunia perbankan, seperti kategori Talent Pool Bank Mandiri, CBC Terbaik I Bank Mandiri, Jakarta Commercial Sales Transactional Banking Forum Best, Presenter Team, penerima beasiswa dari Nakayama Foundation dan Kepala Divisi Terbaik Bank BJB.

Selain karier yang mulai dari bawah hingga mencapai jajaran direksi, dia juga memiliki pengalaman spesifik mempublikasikan tulisan terkait ekonomi dan perbankan sebanyak 46 tulisan di berbagai media, baik lokal maupun nasional.

Farid terus berkarya membuat tulisan, menyusun buku kredit untuk distributor (Distributor Financing) dan kredit untuk pemasok (Supplier Financing) yang dicetak oleh Mandiri University untuk kebutuhan pelatihan para manajer sumber daya (resources manager/RM) secara nasional.

(GAS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi