Ekonom Sumut: Media Mampu Suarakan Inovasi dan Bisa Ditiru Pelaku UMKM

Ekonom Sumut: Media Mampu Suarakan Inovasi dan Bisa Ditiru Pelaku UMKM
Meet & Greet Media Bank Sumut yang digelar Forum Wartawan Bank (FWB), di Ibis Styles Hotel, Jalan Pattimura, Medan, Jumat (10/11) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi yang terjadi saat ini, banyak dunia usaha yang belum tentu akan mampu bertahan dari tekanan ekonomi tanpa terkecuali pelaku UMKM.

Bahkan kreativitas usaha yang dikembangkan sangat rentan terbentur dengan pelemahan daya beli. Sehingga, kreativitas usaha yang dilakukan menjadi tidak bernilai.

Di tengah kondisi ini, media diharapkan mampu memberikan informasi akurat terkait dengan ekspektasi situasi ekonomi ke depan. Media mampu menyuarakan inovasi yang sudah ditemukan dan bisa ditiru oleh pelaku UMKM lainnya.

“Media disarankan konsisten mempromosikan produk UMKM ke masyarakat, terlebih dengan ulasan yang lengkap baik produk maupun profil usaha pelaku UMKM,” kata Gunawan Benjamin pada Meet & Greet Media Bank Sumut yang digelar Forum Wartawan Bank (FWB), di Ibis Styles Hotel, Jalan Pattimura, Medan, Jumat (10/11).

Kegiatan mengusung tema "Mendukung UMKM Lokal Lewat Pemasaran dan Promosi di Media". Kegiatan juga dihadiri Corporate Secretary Bank Sumut, Agus Condro Wibowo; Pemimpin Divisi Ritel Bank Sumut, Erwin Zain; Pimpinan Humas, Sulaiman dan staf Bank Sumut.

Disebutkan Gunawan, di tengah kondisi saat ini, bank juga akan semakin selektif dalam menjaring debitur. Hal ini dilakukan dengan melihat tingginya risiko dunia usaha saat ini. Profil risiko bisnis pelaku UMKM akan menjadi bobot pertimbangan yang paling besar dibandingkan dengan prospek keuntungan bisnis UMKM yang bisa didapatkan.

"Media seyogyanya tidak hanya mengabarkan keberhasilan seorang pelaku UMKM, namun bisa menjabarkan bagaimana pelaku UMKM dalam memulai usaha hingga usaha tersebut berjalan dan menguntungkan. Seperti bagaimana pelaku UMKM mengakses modal ke perbankan, termasuk segala persyaratan yang dibutuhkan," sebutnya.

Corporate Secretary Bank Sumut, Agus Condro Wibowo menuturkan, pihaknya sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan di tahun ini. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih ke FWB yang telah menginisiasi menyelenggarakan kegiatan ini.

“Harapannya di 2024 kegiatan ini bisa tetap terlaksana dan bisa lebih baik, karena bank juga tidak bisa lepas dari media. Karena media juga berkontribusi ke besar kecilnya bank," ujarnya.

Soal tema yang diusung, menurut Agus hal itu karena pelaku UMKM juga berkontribusi ke bank. Kaitannya dengan media karena media juga bisa mendorong perkembangan UMKM.

“Saya berharap tema yang diambil ini bisa mendukung UMKM dan mengerek pertumbuhannya. Karena pertumbuhan UMKM juga akan berkontribusi pada perekonomian dan juga meningkatkan PDRB,” ucapnya.

Ketua FWB, Khairunnisa Lubis, berharap ke depan FWB akan tetap melakukan koordinasi dengan perbankan, terutama Bank Sumut yang 100 persen mendukung acara ini.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi