Bangladesh Larang Membawa Plastik ke Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Bangladesh Larang Membawa Plastik ke Hutan Bakau Terbesar di Dunia
Foto rawa bakau (AFP/Johan Ordonez)

Analisadaily.com, Dhaka - Ahli konservasi di Bangladesh mengatakan turis yang membuang sampah di hutan bakau terbesar di dunia telah merusak ekosistem secara serius, memaksa penerapan larangan plastik sekali pakai di situs Warisan Dunia.

Hutan Sundarbans membentang di garis pantai Bangladesh dan merupakan rumah bagi beberapa makhluk paling langka di dunia, termasuk harimau Bengal dan lumba-lumba Irrawaddy.

Sekitar 200.000 wisatawan berkunjung setiap tahun, menurut angka pemerintah, selain kunjungan musiman oleh nelayan dan pemanen madu hutan yang bergantung pada kekayaan ekosistem.

"Ketika mereka mengunjungi hutan, mereka membawa botol air sekali pakai, piring makanan plastik sekali pakai, botol minuman ringan dan kaleng," kata Abu Naser Mohsin Hossain, seorang pelestari hutan pemerintah, kepada AFP dilansir dari Channel News Asia, Rabu (29/3).

"Sulit dibersihkan," tambahnya.

Menteri Lingkungan Bangladesh, Md Shahab Uddin, mengumumkan larangan plastik sekali pakai yang mencakup 6.500 km persegi (2.500 mil persegi) hutan Senin malam.

“Plastik sekali pakai telah merusak lingkungan dan keanekaragaman hayati di Sundarbans,” kata menteri.

Keputusannya segera dipuji oleh para pecinta lingkungan.

"Lingkungan dan keanekaragaman hayati dipertaruhkan di Sundarbans," Monirul Khan, seorang profesor zoologi di Universitas Jahangirnagar yang dikelola pemerintah Bangladesh, mengatakan kepada AFP.

"Gravitasi polusi yang disebabkan oleh plastik lebih dari yang terlihat. Hewan liar sering memakan plastik ini."

Bagian dari Sundarbans ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997.

Mangrove melindungi garis pantai dari erosi dan peristiwa cuaca ekstrem, meningkatkan kualitas air dengan menyaring polutan, dan berfungsi sebagai pembibitan bagi banyak makhluk laut.

Mereka dapat membantu melawan perubahan iklim dengan menyerap jutaan ton karbon setiap tahun di daun, batang, akar, dan tanah pohon mereka.

Sundarbans, yang terletak di delta sungai Gangga, Brahmaputra, dan Meghna di Teluk Benggala, juga membantu melindungi masyarakat pesisir di Bangladesh dari topan yang sering menyerang negara itu selama musim hujan tahunan.

Konservasionis secara teratur membunyikan alarm atas ancaman lingkungan terhadap Sundarbans, termasuk pembangunan di tepi utara pembangkit listrik tenaga batu bara yang mulai beroperasi tahun lalu.

Sekretaris Jenderal Gerakan Lingkungan Bangladesh Sharif Jamil mengatakan tanaman itu tetap menjadi ancaman besar bagi ekosistem.

"Pemerintah harus menghentikan pengangkutan dan pembuangan batu bara melalui sungai di hutan," katanya kepada AFP.

"Kapal-kapal tak tertutup yang membawa batu bara untuk pembangkit listrik melewati hutan juga menyebabkan banyak polusi."

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi