Kematian Akibat Flu Burung Pertama Tercatat di China

Kematian Akibat Flu Burung Pertama Tercatat di China
Seseorang memegang tabung reaksi berlabel "Flu Burung", dalam ilustrasi gambar ini, pada 14 Januari 2023. (Reuters/Dado Ruvic)

Analisadaily.com, Jenewa - Seorang wanita telah meninggal dunia karena flu burung H3N8 di China. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan pada Selasa (11/4), bahwa itu kematian manusia pertama yang diketahui dari jenis flu burung.

H3N8 diketahui beredar sejak 2002 setelah pertama kali muncul di unggas air Amerika Utara. Ia diketahui menginfeksi kuda, anjing, dan anjing laut. Itu belum terdeteksi pada manusia sebelum dua kasus non-fatal sebelumnya muncul, keduanya juga di China pada bulan April dan Mei tahun lalu.

Wanita yang meninggal berusia 56 tahun dari provinsi Guangdong di Cina tenggara. Dia jatuh sakit pada 22 Februari, dirawat di rumah sakit karena pneumonia parah pada 3 Maret dan meninggal pada 16 Maret.

"Pasien memiliki beberapa kondisi yang mendasarinya. Dia memiliki riwayat terpapar unggas hidup sebelum timbulnya penyakit, dan riwayat kehadiran burung liar di sekitar rumahnya," kata WHO dalam sebuah pernyataan dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Rabu (12/4).

"Tidak ada kontak dekat dari kasus yang mengembangkan infeksi atau gejala penyakit pada saat pelaporan," tambahnya.

Sementara paparan pasar unggas hidup mungkin telah menyebabkan infeksi.

"Masih belum jelas apa sumber pasti infeksi ini dan bagaimana virus ini terkait dengan virus avian influenza A (H3N8) lainnya yang beredar pada hewan," kata WHO, yang juga menyerukan penyelidikan lebih lanjut pada hewan dan manusia.

Dari dua kasus tahun lalu, satu mengalami penyakit kritis, sementara yang lain mengalami penyakit ringan. Kedua kasus tersebut kemungkinan tertular dari paparan langsung atau tidak langsung pada unggas yang terinfeksi.

"Tampaknya virus ini tidak memiliki kemampuan untuk menyebar dengan mudah dari orang ke orang, sehingga risiko penyebarannya di antara manusia di tingkat nasional, regional, dan internasional dianggap rendah," kata organisasi yang berbasis di Jenewa itu.

Namun, karena sifat virus influenza yang terus berkembang, WHO menekankan pentingnya pengawasan global untuk mendeteksi perubahan virologis, epidemiologis dan klinis yang terkait dengan virus influenza yang beredar yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia (atau hewan).

Kasus flu burung pada manusia biasanya merupakan akibat dari paparan langsung atau tidak langsung terhadap unggas hidup atau mati yang terinfeksi atau lingkungan yang terkontaminasi.

WHO mengatakan infeksi influenza hewan dapat mengakibatkan penyakit mulai dari konjungtivitis atau gejala mirip flu ringan hingga penyakit pernapasan akut yang parah atau bahkan kematian.

"Gejala gastrointestinal atau neurologis telah dilaporkan tetapi ini jarang terjadi," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi