Kelompok Tani di Desa Pohan Jae Terima Bantuan Benih Kopi

Kelompok Tani di Desa Pohan Jae Terima Bantuan Benih Kopi
Pelatihan teknik penanaman kopi kepada kelompok tani (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Siborongborong - Toba Pulp Lestari Sektor Habinsaran menyerahkan bantuan sebanyak 30 ribu benih kopi kepada Kelompok Tani di Dusun Nagasaribu dan di Dusun Purba Sinomba, Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara.

Bantuan benih kopi ini diserahkan Community Development (CD) TPL Alexander Sitorus dan Thasya Sirait kepada ketua Kelompok Tani Dusun Purba Sinomba, Tarigan Simanjuntak

Menurut Thasya Sirait, selain menyerahkan bantuan sebanyak 30 ribu benih kopi, pihaknya juga sekaligus mengadakan pelatihan pembibitan kopi untuk kelompok tani.

"Adapun tujuan pelatihan ini untuk memberdayakan serta mengedukasi para petani agar dapat mengetahui teknik pembibitan yang baik sehingga kopi yang ditanam nantinya bisa lebih maksimal,"ujarnya, Jumat, (14/4).

Dia mengatakan, penyerahan bantuan benih dan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kehadirian dan perhatian TPL kepada masyarakat petani.

"TPL hadir berkontribusi kepada para petani untuk memberikan pengetahuan baru mengenai pembibitan dan penanaman kopi yang baik, efektif dan efisien,"ucapnya.

Thasya menambahkan, selain menyerahkan benih kopi dan memfasilitasi pelatihan, pihaknya juga nantinya akan turut melakukan pendampingan dan monitoring kepada masyarakat petani.

"Dengan harapan agar para petani dapat menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh untuk meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan,"imbuhnya.

Ketua Kelompok Tani Dusun Purba Sinomba, Tarigan Simanjuntak, mewakili para petani mengapresiasi dan berterima kasih kepada TPL yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat petani.

“Sebab selain menerima bibit unggul, banyak hal dan ilmu yang baru kami ketahui pada pelatihan ini. Budidaya penanaman kopi di desa kami masih tradisional, tetapi hari ini kami diajarkan bagaimana cara pembibitan dan menanam kopi yang baik, seperti cara pembuatan lubang dan penanaman. Kemudian kami juga langsung ke lapangan untuk praktek supaya lebih cepat memahami,"tandasnya.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi