Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu Diprediksi 19 April 2023

Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu Diprediksi 19 April 2023
Posko Terpadu Angkutan Lebaran berlokasi di selasar terminal kedatangan Bandara Kualanamu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Puncak arus mudik Lebaran di Bandara Kualanami diperkirakan akan terjadi pada tanggal 19 April 2023, dan arus balik pada tanggal 5 Mei 2023.

Hal itu dikatakan Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur, dalam keterangan resmi diperoleh Jumat (14/4).

Diterangkannya, momentum mudik Lebaran bagi masyarakat tahun ini diperkirakan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya usai dicabutnya kebijakan PPKM oleh pemerintah.

Dalam rangka menyambut Angkutan Lebaran 2023 di Bandara Kualanamu, beberapa maskapai membuka penambahan penerbangan (extra flight) dengan rute KNO-YIA, KNO-BTH, KNO-PKU, KNO-DMK (internasional) dan tentunya rute paling favorit yakni KNO-CGK.

“Periode extra flight tersebut dimulai pada tanggal 15 April hinggal 1 Mei 2023,” sebut Dedi.

Pihaknya juga membuka Posko Terbadu Angkutan Lebaran. Apel Posko Monitoring dibuka pagi ini pukul 08.30 WIB oleh Sarmanto, mewakili Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran berlokasi di selasar terminal kedatangan Bandara Kualanamu. Posko terpadu diharapkan menjadi pusat informasi dan dapat mengawal kelancaran arus transportasi udara, serta untuk memastikan Mudik Aman dan Nyaman bagi seluruh pengguna jasa pada momen Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Adapun instansi yang terlibat dalam posko terpadu yaitu satgas covid, Otban, Airlines, TNI, Polri, dll. Personil yang terlibat dalam posko bertujuan agar mudah untuk berkoordinasi dengan stake holder, Penanganan Kondisi Irregularity, Peningkatan Keamanan, Keselamatan dan Pelayanan.

PT Angkasa Pura Aviasi juga selama Ramadhan berlangsung mengadakan Customer Engangement Program yaitu Pembagian Takjil sebanyak 15 Ribu kotak bagi para penumpang Bandara di beberapa titik kedatangan dan keberangkatan dan Hiburan Music Melayu dan Gambus.

Tak hanya itu, peningkatan layanan juga di persiapkan dengan matang yaitu Self service Facilities, Virtual Customer Service Assistant, Contact Center Airport, dan Kursi Roda.

Semua fasilitas tersebut guna mempersiapkan para penumpang yang akan mudik diperkirakan naik hingga 33 persen untuk jumlah pesawat, dan 37 persen untuk jumlah penumpang dari puncak arus mudik tahun 2022.

‘“Perlu kesiapan, koordinasi, dan kolaborasi bagi PT Angkasa Pura Aviasi agar dapat terlaksana dengan baik serta memberikan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dengan baik pula, agar tercipta mudik aman berkesan,” President Director PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai menambahkan.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi