Pemkab Tapsel Raih Opini WTP ke-9 Kali Berturut

Pemkab Tapsel Raih Opini WTP ke-9 Kali Berturut
Pemkab Tapsel Raih Opini WTP ke-9 Kali Berturut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) meraih ke-9 kalinya secara berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022.

Penghargaan itu diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Eydu Octain Panjaitan kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, didampingi Ketua DPRD Tapsel, Kepala BPKPAD Tapsel, dan Inspektur Tapsel, di Aula gedung BPK RI Pewakilan Provsu, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Jumat (14/4).

Adapun raihan Opini WTP tersebut, atas dasar telah selesainya pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Pemprovsu terhadap Laporan Keuangan Un-Audited TA 2022 Pemkab Tapsel, sesuai dengan penyajian berdasarkan SAP, Efektivitas SPI, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan Kecukupan pengungkapan.

Adapun pemeriksaan Laporan Keuangan itu bertujuan untuk memberikan opini, dimana opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan.

Kepala BPK RI Perwakilan Provsu, Eydu Octain Panjaitan dalam sambutannya mengapresiasi Pemkab Tapsel.

"Selamat kembali kepada Pemkab Tapsel terhadap Opini WTP ke-sembilan kalinya berturut-turut yakni, sejak TA 2014 sampai sekarang, kami berharap Opini WTP ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun selanjutnya," katanya.

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu menyampaikan ucapan terima kasih atas pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK.

Dolly juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab Tapsel dan pemangku kepentingan lainnyang turut melakukan berbagai upaya perbaikan tata kelola pemerintah yang lebih baik.

“Kita bersyukur meraih kembali Opini WTP ini, saya berharap BPK tak bosan-bosannya membimbing untuk semakin baik lagi pelaporan Tapsel kedepan. Kemudian pencapaian ini bisa menjadi penyemangat untuk bisa terus melakukan peningkatan, untuk terus meningkatkan akuntabilitas keuangan di masa yang akan datang,” katanya.

Ketua DPRD Tapsel Basid Dhalimunte dalam sambutannya turut mengapresiasi pencapaian Opini WTP pada daerahnya itu.

"Saya mengapresiasi kepemimpinan Bupati Dolly Pasaribu, sekaligus kerja keras jajaran Pemkab Tapsel," katanya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi