BPJS Ketenagakerjaan Palas Sasar Pedagang Tradisional

BPJS Ketenagakerjaan Palas Sasar Pedagang Tradisional
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palas, Wahyudi, saat memberi penjelasan kepada perwakilan pedagang tradisional (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Setelah kemarin menyasar pekerja rentan desa, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek kini terus bergerak menyasar para pedagang tradisional untuk ikut menjadi peserta.

Untuk mewujudkan program itu, BPJS Ketenagakerjaan Padanglawas (Palas) melakukan sosialisasi kepada para pengelola pasar tradisional di Sibuhuan Rabu (10/5).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palas, Wahyudi mengatakan, pihaknya telah mengundang para pengelola pasar tradisional untuk memberikan sosialisasi terkait manfaat dan kemudahan untuk menjadi peserta Jamsostek.

"Dalam sosialisasi itu BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan terkait program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kecelakaan Kematian (JKM) dan cara untuk bisa menjadi peserta," kata Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan, tujuan program ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada para pedagang tradisional yang ada di wilayah Palas.

"Jadi sasaran dari program ini adalah kepada pekerja atau pedagang tradisional guna terlindungi dengan program Jamsostek," jelas Wahyudi.

Untuk menyegerakan jalannya program tersebut, BPJS Ketenagakerjaan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan segera melakukan pertemuan lanjutan setiap pasar yang ada di kecamatan, sehingga para pedagang tradisional se-Palas bisa menjadi peserta Jamsostek.

Wahyudi menjelaskan, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, pihaknya akan terus menyasar pekerja yang selama ini belum tersentuh program Jamsostek.

"Apa yang menjadi Instruksi Presiden untuk optimalisasi itu akan terus kita maksimalkan dan kita sosialisasikan," kata Wahyudi.

Seorang Kepala Pasar dan petugas retribusi pasar yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan setuju dengan apa yang menjadi program Jamsostek.

"Apa yang menjadi program Jamsostek sangat baik dan kita dukung," ujar Hasibuan, seorang perugas retribusi pasar.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi