Upaya Kecamatan Medan Tembung Kurangi Sampah Plastik Lewat Program Sdekah

Upaya Kecamatan Medan Tembung Kurangi Sampah Plastik Lewat Program Sdekah
Kecamatan Medan Tembung Kurangi Sampah Plastik Lewat Program Sdekah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka mendukung penanganan kebersihan yang menjadi salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Camat Medan Tembung, Vianti Dewi Nasution meluncurkan Program Sampah Menjadi Berkah (Sdekah).

Diharapkan melalui program ini, kebersihan di wilayah Kecamatan Medan Tembung semakin meningkat lagi. Dewi menjelaskan, Program Sdekah ini untuk mengajak seluruh jajaran Kecamatan Medan Tembung baik itu ASN, kepala lingkungan dan Pekerja Harian Lepas (PHL) untuk membiasakan memilah sampah plastik mulai dari rumah atau tempat tinggalnya masing-masing. Setelah terkumpul, jelasnya, sampah plastik itu selanjutnya dibawa ke Kantor Camat Medan Tembung.

Guna mendukung efektifitas pelaksanaan Program Sdekah ini, jelas Dewi, ia pun mengeluarkan Surat Edaran (SE) No.800/744 tanggal 14 April 2023 tentang Imbauan Memilah atau Memilih Sampah Plastik. Dengan SE ini, Dewi mengajak seluruh jajarannya untuk membiasakan memilah sampah plastik.

“Melalui Surat Edaran ini, kita mengimbau agar seluruh jajaran Kecamatan Medan Tembung untuk tidak membuang begitu saja sampah plastik yang ada di rumahnya masing-masing. Kita minta mereka untuk memilahnya dan mengumpulkannya. Setelah terkumpul, setiap Jumat mulai pukul 08.00-10.00 WIB, sampah plastik itu dibawa ke Kantor Camat Medan tembung,” kata Dewi, Kamis (11/5).

Selanjutnya, bilang Dewi, sampah plastik dari seluruh jajarannya itu dikumpulkan di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Reduse Reuse Recycle (3R) yang berada di sebelah Kantor Camat Medan Tembung. Dikatakannya, sejak SE itu disampaikan kepada seluruh jajarannya, sudah 2 kali Jumat, Program Sdekah ini dilakukan.

“Alhamdulillah, kita sudah berhasil mengumpulkan 180 kg sampah plastik dari seluruh jajaran Kecamatan Medan Tembung. Setelah terkumpul banyak, sampah plastik itu nanti kita kirim kepada pengepul. Selain mengurangi sampah plastik, melalui program ini kita juga ingin menyampaikan bahwasannya sampah plastik juga bernilai ekonomi,” ungkapnya.

Saat ini, ungkap Dewi, Program Sdekah ini difokuskan kepada seluruh jajaran Kecamatan Medan Tembung. Apabila program ini berhasil, imbuhnya, maka akan diedukasi dan disosialisasikan kepada masyarakat sehingga melakukan pemilahan sampah plastik dari rumahnya masing-masing.

“Dengan Program Sdekah ini, insya Allah kita akan mngurangi sampah plastic di Kecamatan Medan Tembung,” pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi