Mandiri Taspen Beri Kemudahan untuk Para Pensiunan Pemko Medan

Mandiri Taspen Beri Kemudahan untuk Para Pensiunan Pemko Medan
Mandiri Taspen (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Berkolaborasi dengan Pemko Medan, Bank Mandiri Taspen mengadakan bimbingan teknis pembekalan bagi ASN yang akan memasuki masa purna tugas di Lingkungan Pemerintahan Kota Medan, Selasa (30/5). Salah satu bimbingan yang diberikan yakni edukasi mengenai perbankan kepada para ASN yang akan pensiun.

Edukasi Perbankan itu disampaikan oleh Distribution Head 1 Sumatera Bank Mandiri Taspen Tiara Mayasari. Menurut Tiara, edukasi perbankan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, terutama bagi para ASN jelang masuk masa purna bhakti.

"Karena Mandiri Taspen segmen bank pensiunan, jadi kita lebih mengedukasi persiapan apa saja yang harus dilakukan ASN jelang pensiun, baik itu dari dari wirausahanya, dari kegiatannya. Karena mungkin sebagian ASN yang akan masuk masa pensiun ini belum terlalu memahami akan pengelolaan keuangan," katanya, Selasa (30/5).

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 300- an ASN Pemko Medan yang akan masuk masa purna tugas ini, Tiara menyampaikan seorang pensiunan itu masih bisa tetap aktif dan produktif di hari tuanya.

Tiara menyampaikan beberapa tips untuk mewujudkan pensiun sejahtera, antara lain; menentukan perkiraan kebutuhan dana yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari; gunakan manfaat pensiun untuk menabung, berinvestasi, atau membangun usaha, terampil dan produktif di hari tua.

Menurut Tiara, di Bank Mandiri Taspen ada tiga pilar mantap Indonesia. Tiga pilar ini bertujuan untuk mewujudkan nasabah pensiunan yang sehat, aktif dan produktif.

Pilar pertama sebut Tiara, Mantap Sehat yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat, khususnya pensiunan untuk mencapai kondisi kesehatan optimal.

Kemudian Mantap Aktif merupakan pilar ke-2 program Mantap Indonesia yang bertujuan mendukung penciptaan masyarakat, aktif, produktif serta tangguh dan bahagia.

"Dan pilar ketiga Wirausaha Mantap Sejahtera (WMS) adalah program wirausaha yang terintegrasi antara pelatihan ide, praktik usaha, pengembangan diri dan mentoring usaha berkelanjutan, dengan tujuan agar para calon pensiunan dan pensiunan dapat berkarya membangun usaha dan hidup sejahtera di masa pensiun," beber Tiara.

Tiara Mayasari menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama Bank Mandiri Taspen dengan Pemerintah Kota Medan. Menurut Tiara, selama ini kolaborasi antara Bank Mandiri Taspen dengan Pemko Medan sudah berjalan baik.

"Bank Mandiri Taspen mendukung penuh program Pemerintah Kota Medan dalam hal ini adalah hari ini kita melakukan pembekalan kepada ASN yang ada di lingkungan pemko medan yang akan pensiun atau akan purna itu di tahun 2023 dan 2024," ucap Tiara.

Tiara mengatakan Pemko Medan juga sangat mendukung program-program Bank Mandiri Taspen. Sebab program-program ini dirasakan langsung oleh para purnabakti.

"Seperti Mantap Sehat itu kita juga melakukan senam sehat bersama, kita mengundang pensiunan untuk tetap bugar Kita lakukan itu di kantor, bahkan pensiunan misalnya juga mau melakukan kegiatan kegiatan itu di luar, kemudian melibatkan kita juga kita akan mendukung dan support.

Terus mantap aktif banyak juga kegiatannya, mantap sejahtera, kita punya pelatihan wirausaha mantap kita punya pelatihan warung mantap sejahtera juga," beber Tiara.

Bank Mandiri Taspen lanjut Tiara, terus mengajak para nasabah pensiunan untuk terus aktif di hari tuanya. Mandiri Taspen kerap mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan nasabah mereka.

"Kita memberikan pelatihan gratis, ada mentornya, jadi mereka tidak kita lepas gitu ya. Nah terus sekarang mentor itu ngawasin, mereka mengajarkan mereka kita membuka kelas. Ketika mereka sudah terjun ya hasil dari barang dagangan mereka yang sudah mereka hasilkan sendiri tadi itu bisa bisa dibantu oleh para mentor ini untuk dipasarkan," tutur Tiara.

Selain itu Mandiri Taspen juga telah kerja sama dengan Kimia Farma dimana kami memberikan fasilitas kesehatan gratis di Cabang Mandiri Taspen. "Mau ambil gaji mereka, boleh cek kesehatan gratis ya. Kemudian mereka boleh cek di situ ada tensi, cek gula darah, semuanya gratis bahkan Tak jarang yang diresepkan obat oleh kimia farma," sebut Tiara.

Saat ini lanjut Tiara, Bank Mandiri Taspen memberikan kemudahan kepada para ASN yang akan pensiun tahun ini dan tahun depan. Pasalnya para ASN itu tidak lagi melakukan pemberkasan.

"Kan kalau mau pensiun biasanya harus lengkapi syarat- syarat. Kita urus semua lewat satu pintu yaitu lewat Taspen," pungkas Tiara.

Kegiatan ini sebelumnya dibuka oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan dan dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Pemko Medan Tolang Lubis.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi