Kalahkan India 3-1, Indonesia Tembus Semifinal BAJC

Kalahkan India 3-1, Indonesia Tembus Semifinal BAJC
Ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin menjadi penentu kemenangan timnas bulu tangkis Indonesia pada perempat final beregu campuran BAJC 2023 setelah mengalahkan wakil India pada partai keempat di Yogyakarta, Senin (10/7/2023) (ANTARA/HO-PP PBSI)

Analisadaily.com, Jakarta - Timnas bulu tangkis Indonesia menembus babak semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia (BAJC) 2023 setelah mengalahkan India dengan skor 3-1 pada perempat final di Yogyakarta, Senin (10/7).

Dilansir dari Antara, dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Among Rogo itu, kemenangan Indonesia dipastikan oleh ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin pada partai keempat babak perempat final tersebut.

"Bersyukur bisa bermain dengan baik di laga ini. Hari ini sangat luar biasa penonton yang hadir dan menambah semangat kami bertanding," ungkap Nikolaus melalui informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Pasangan Farizi/Nikolaus menang lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-10, 10-21, 21-12 atas ganda putra India Divyam Arora/Mayank Rana.

Pada pertandingan tersebut, Farizi/Nikolaus mengaku termotivasi dengan banyaknya gemuruh suporter yang mendukung. Tambahan semangat dari suporter membuat pasangan Farizi/Nikolaus bermain lebih lepas dan akhirnya bisa menutup laga dengan kemenangan dalam tempo 42 menit.

Farizi/Nikolaus sempat kehilangan fokus pada gim kedua. Beruntung pada gim penentuan, pasangan Indonesia mampu kembali tampil gemilang dan akhirnya menutup laga dengan kemenangan.

"Awal gim kedua kami ada kendala saat banyak membuat kesalahan sendiri. Kami banyak kehilangan fokus dan bersyukur di gim ketiga bisa bangkit," ungkap Farizi.

Namun dengan keunggulan yang lebih dulu diamankan rekan-rekan mereka dari partai sebelumnya, membuat Farizi/Nikolaus termotivasi.

"Kami main dalam posisi Indonesia unggul 2-1, kami ingin memastikan diri melaju ke semifinal," imbuh Farizi.

Kemenangan yang mereka petik pagi tadi mendorong semangat mereka agar lebih maksimal di semifinal. Keduanya pun ingin pemulihan untuk nantinya bisa mempersiapkan pertandingan berikutnya.

"Sekarang kami mau fokus recovery terlebih dahulu. Kami akan mencari tahu kekuatan Thailand terlebih dahulu seperti apa. Satu sama lain sebisa mungkin kami saling memberikan semangat supaya tidak kehilangan fokus," kata Nikolaus.

Timnas bulu tangkis Indonesia akan berjumpa dengan Thailand pada semifinal. Tim dari Negeri Gajah Putih lolos ke empat besar setelah mengatasi perlawanan Malaysia dengan skor 3-0.

Semifinal beregu campuran BAJC 2023 akan digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Senin mulai pukul 16.00 WIB.

Berikut hasil pertandingan perempat final Indonesia lawan India (3-1):

Ganda Campuran: Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu vs Samarveer/Radhika Sharma 21-16, 21-15

Tunggal Putra: Alwi Farhan vs Ayush Shetty 18-21, 21-15, 21-19.

Tunggal Putri: Ruzana vs Rakshitha Sree Santhosh Ramraj 18-21, 21-10, 21-23

Ganda Putra: Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin vs Divyam Arora/Mayank Rana 21-10, 15-21, 21-12

Ganda Putri: Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani vs Srinidhi Narayanan/Radhika Sharma (tidak dimainkan)

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi