3 Langkah Agar Website Tidak Terkena Serangan Hacker

3 Langkah Agar Website Tidak Terkena Serangan Hacker
Ilustrasi website. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Meningkatnya kemajuan teknologi internet juga membawa konsekuensi dan risiko yang perlu diperhatikan. Berbagai layanan yang ada di internet, termasuk website Anda, tidak terlepas dari masalah ancaman hacker atau hacker. Selain itu, mereka sering kali menciptakan pintu masuk tersembunyi yang memungkinkan mereka untuk kembali dan melakukan serangan lagi terhadap website Anda.

Mengatasi permasalahan website yang diretas merupakan tugas yang rumit, memakan waktu, dan menguras biaya. Tidak jarang mereka memanfaatkan domain website yang sudah expired untuk diambil alih sebagai website phising. Sehingga penting untuk melakukan cek domain website dan memperbaharuinya secara berkala agar tidak disalahgunakan oleh akun-akun yang tidak bertanggung jawab.

Walau begitu, ada banyak cara lain yang digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan pintu masuk tersembunyi ke sebuah website. Namun tidak perlu khawatir karena ada berbagai langkah untuk mencegahnya masuk ke website Anda. Sebelum masuk ke langkah-langkah pencegahannya, mari kenali terlebih dulu apa saja jenis serangan hacker.

Jenis-jenis Serangan Hacker

Penyerangan oleh hacker dapat dilakukan dengan berbagai cara yang beragam. Mereka sering kali mengincar website dengan reputasi terpercaya yang memiliki potensi keuntungan besar, seperti website pemerintahan, perbankan, lembaga keuangan, dan perusahaan besar.

Motif dari hacker ini pada dasarnya adalah untuk mencari keuntungan melalui kejahatan di dunia maya (cyber crime). Beberapa tindakan kejahatan yang sering dilakukan oleh para hacker di dunia maya antara lain:

  1. Malware

Serangan jenis ini sering terjadi melalui perangkat lunak berbahaya pada website tertentu. Salah satu jenis malware yang berbahaya adalah ransomware. Serangan ini muncul ketika Anda mengklik tautan yang dianggap berbahaya atau membuka lampiran yang secara otomatis menginstal aplikasi berbahaya.

Jika serangan malware berhasil, semua data penting pada perangkat atau website dapat dengan mudah diretas. Dampak buruknya, tidak hanya data yang dapat diretas, tetapi hacker juga dapat menggunakan data Anda untuk melakukan kejahatan lainnya.

  1. Pharming

Serangan ini melibatkan pengalihan website resmi ke situs palsu dengan tujuan untuk mendapatkan data pengunjung. Biasanya korban tidak menyadari bahwa situs yang mereka kunjungi telah dibajak.

Mesin pencari menampilkan URL situs yang sah, tetapi kenyataannya tidak demikian dan biasa menyerang website lembaga keuangan dan bank dengan membuat tampilan website yang mirip dengan website bank yang dikunjungi oleh pengguna.

  1. Denial of Service (DoS)

Serangan ini mengganggu server tertentu dan penyerang akan membanjiri situs hosting untuk meningkatkan lalu lintas, sehingga pengguna yang sah tidak dapat mengaksesnya. Serangan DoS dapat melumpuhkan sebuah website dan menyebabkan kerugian yang signifikan, terutama jika situs atau website yang diserang merupakan milik lembaga pemerintahan atau layanan perbankan.

Langkah-langkah Agar Website Terhindar dari Hacker

Meskipun ancaman di dunia cyber seringkali sulit dikendalikan dan hacker menggunakan metode baru untuk membajak website tanpa terdeteksi oleh pemilik dan pengguna, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk melindungi website Anda dari serangan hacker.

  1. Gunakan SSL

Secure Socket Layer (SSL) digunakan dengan protokol yang terenkripsi untuk mentransfer informasi antara website dan database. Ini akan menyulitkan hacker untuk mengakses website yang dilindungi SSL. Selain meningkatkan keamanan, SSL juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda.

  1. Gunakan firewall

Aplikasi firewall dapat memblokir serangan yang dilakukan oleh hacker dan menyaring spammer serta bot berbahaya yang dapat merugikan website. Firewall akan memeriksa setiap bit data yang melewatinya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memblokir situs yang berpotensi menyerang website lain dan secara otomatis memblokir alamat IP yang berbahaya.

  1. Lakukan backup data secara teratur

Backup data merupakan langkah sederhana namun penting dalam pengelolaan website. Buatlah cadangan data yang dapat memberikan kepastian bahwa data Anda tidak akan hilang. Di VPS DomaiNesia, backup data website Anda secara otomatis dilakukan menggunakan Acronis Backup.

Kesimpulan

Walau ada banyak cara lain yang digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan pintu masuk tersembunyi ke sebuah website, namun ada juga berbagai langkah preventif untuk mencegahnya masuk ke website Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat melindungi website Anda dari serangan hacker.

Saat menjaga keamanan website Anda, pastikan untuk memilih layanan hosting yang selektif. Pertimbangkan kecepatan, keamanan, dan keandalan hosting saat menghadapi masalah dengan website Anda.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi