Donald Trump Minta Persidangan Ditunda Hingga Pemilu 2024

Donald Trump Minta Persidangan Ditunda Hingga Pemilu 2024
Donald Trump (Cover Images/POOL/CNP)

Analisadaily.com, Amerika - Donald Trump meminta sidang dokumen rahasianya ditunda hingga setelah pemilu 2024. Mantan Presiden Amerika Serikat itu sekali lagi bersaing untuk mendapatkan jabatan menjelang pemilihan tahun depan.

Dia telah menyuarakan keprihatinan atas penyelidikan atas bocoran audio dirinya yang diduga membual tentang memiliki dokumen militer yang masih dirahasiakan tentang Iran setelah dia meninggalkan Gedung Putih.

"Melanjutkan ke persidangan selama menunggu siklus pemilihan Presiden di mana kandidat lawan secara efektif (jika tidak secara harfiah) secara langsung merugikan satu sama lain dalam tindakan ini akan menciptakan tantangan luar biasa dalam proses pemilihan juri dan membatasi kemampuan Tergugat untuk mengamankan keadilan dan putusan yang tidak memihak," kata pengacara Trump dan rekan terdakwa, serta asisten pribadinya, Walt Nauta mengatakan dalam pengajuan pengadilan pada Senin, 10 Juli malam.

Dilansir dari Aceshowbiz, Minggu (16/7), pengajuan berpendapat bahwa memulai persidangan pada Desember 2023 - seperti yang disarankan oleh penasihat khusus Jack Smith - akan terlalu cepat, dengan Hakim Pengadilan Distrik AS Aileen Cannon didesak oleh pengacara Trump untuk menunggu sampai setelah musim pemilihan presiden.

Periode itu akan dimulai akhir tahun ini, dan jika Trump memenangkan nominasi Partai Republik, pembelaannya mungkin akan meminta penundaan selama hampir satu tahun.

Meskipun jaksa telah menyarankan kasus terhadap Trump relatif sederhana, meskipun ada masalah dengan membawa mantan presiden ke pengadilan, pengacaranya berpendapat itu akan jauh lebih rumit.

"Oleh karena itu, pertimbangan terukur dan jadwal waktu yang memungkinkan peninjauan yang cermat dan lengkap terhadap prosedur yang mengarah pada dakwaan ini dan masalah hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disajikan di sini adalah yang terbaik untuk kepentingan Terdakwa dan publik," katanya.

Rekaman itu adalah sebagian besar bukti dalam dakwaan Smith terhadap mantan pembawa acara " The Apprentice " berusia 77 tahun itu.

Trump mengaku tidak bersalah atas tuduhan salah menangani dokumen sensitif dan terus membantah melakukan kesalahan. Dia menghadapi 37 dakwaan federal yang secara ilegal memegang dokumen rahasia dan mencegah pemerintah mendapatkannya kembali.

Trump adalah Presiden AS pertama dalam sejarah yang menghadapi tuntutan pidana tingkat federal.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi