Raih Empat Emas, Persambi Sumut Sabet Posisi Kedua Kejurnas 2023

Raih Empat Emas, Persambi Sumut Sabet Posisi Kedua Kejurnas 2023
Kontingen Pengprov Sambo Sumut diabadikan di Kejurnas 2023 di Karawang, Jawa Barat. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pengurus Provinsi (Pengprov) Perkumpulan Sambo Indonesia (Persambi) Sumatera Utara (Sumut) menorehkan prestasi membanggakan setelah menyabet empat medali emas di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sambo 2023 di Karawang, Jawa Barat, yang berakhir Sabtu (22/7).

Dengan hasil 4 emas, 2 perak dan 6 perunggu yang diraih dalam Kejurnas yang diikuti 18 provinsi ini, Sumut menempati posisi bergengsi di peringkat kedua.

Ketua Pengprov Persambi Sumut Jansa Putra Nainggolan SH, dalam keterangan kepada wartawan, Senin (24/7), mengucapkan terima kasih kepada atlet Sambo Sumut yang sudah berjuang dalam ajang tersebut.

Keempat medali emas dipersembahkan Andry Irwansyah Laen (-58 kg sport), Reymon AD Simanjuntak (-64 kg sport), Edwin Tio Pratama (-79 kg sport), dan May Delse Sitepu (-59 combat). Sedangkan medali perak diraih Nindia Citra (-50 combat), dan Suroto May Sahputra (-58 combat).

Kemudian, medali perunggu M Muqsit Redha (-71 kg Sport), Hadsen Daris Pinem (+98 kg sport), Putri Prihandini (-50 kg sport putri), Stephani Gragioga Sinaga (-59 sport putri), Melva Chatrina Saragih (-54 kg sport putri), dan Faizal Lase Sembiring (-53 kg combat).

Sumut sebenarnya berpeluang menambah medali, namun sayangnya sejumlah atlet andalannya mengalami cedera, seperti Ayu Wulandari Tarigan, Eperaim Ginting, Deden Setiadi.

Jansa P Nainggolan SH mengatakan dari Kejurnas ini bisa dievaluasi hasil latihan selama ini, dan pihaknya optimis bisa memenuhi target meraih sembilan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Sambo Sumut juga menyampaikan terima kasih kepada Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, Jhon Ismadi Lubis, yang memfasilitasi Kejurnas sebagai uji coba (try out) cabang olahraga sambo. Demikian pula Pengawas Pendamping (Wasping) KONI Sumut, Sanusi Hasibuan, yang mendampingi tim dari awal hingga akhir pertandingan.

Persambi Sumut juga berterima kasih kepada Kadisporasu H Baharuddin Siagian yang memberi fasilitas latihan selama ini.

"Pengprov Persami berharap bisa memusatkan atlet Pelatda Sambo di Wisma Atlet, agar target yang kita inginkan bersama tercapai. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat Sumut dan wasit Sumut yang ikut memimpin Kejurnas," ujar Jansa P Nainggolan.

Sambo Sumut juga berharap peralatan latihan segera terealisasi dan latihan bisa lebih maksimal

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi