Masyarakat Medan Diedukasi 5 Pilar Tatalaksana Diabetes untuk Hidup Berkualitas

Masyarakat Medan Diedukasi 5 Pilar Tatalaksana Diabetes untuk Hidup Berkualitas
Masyarakat Medan Diedukasi 5 Pilar Tatalaksana Diabetes untuk Hidup Berkualitas (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Memperingati Hari Diabetes Nasional 2023, Diabetasol menggelar berbagai kegiatan dengan tema ‘Edukasi Pentingnya Nutrisi dalam 5 Pilar Tatalaksana Diabetes untuk Hidup yang Berkualitas’.

Brand Manager Diabetasol, Yunita, dalam acara yang digelar di Lapangan Citra Garden, Jalan Parkiran Carefour, Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, mengatakan, ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti lomba dan senam bersama, cek gula darah, talkshow, hingga doorprize.

“Peserta yang hadir cukup banyak. Terus bertambah, dan ada 450 orang yang registrasi ulang, serta beberapa rekan tim yang menginfokan ada rombongan lagi 70 sampai 80 orang peserta yang mau datang walaupun sudah terlewat untuk senam. Enggak ada masalah,” kata Yunita, didampingi Teguh H Prihandoko, Regional Sales and Promotion Head Area Sumatera Divisi KN36 (Adult Nutrition), Sabtu (29/7).

Diterangkannya, rangkaian kegiatan lebih tepatnya ingin mengedukasi kepada seluruh pelanggan dan masyarakat bahwa 4 sendok takar Diabetasol dalam 2 kali sehari digaungkan. Juga mengedukasi tentang 5 pilar diabetes.

“Ada senam dan talkshow mengundang dokter spesialis, konsultan diabetik, dr Mardianto, spesialis penyakit dalam. Kemudian menu kreasi yang dijelaskan ahli gizi, manager dari RSCA yang bekerja sama dengan kita. Ada senam dan doorprize,” terangnya.

Yunita menuturkan, target dari kegiatan kali ini lebih kepada edukasi untuk masyarakat mengenai pentingnya menjaga gula darah. Karena bagi diabetesis, jika bisa menjaga gula darah maka akan terhindar dari komplikasi.

“Sesuai dengan 5 pilar, yaitu nutrisi diabetes yang tepat dengan diabetasol, konsultasi ke dokter, cek gula darah, senam diabetes atau senam yang ringan tentunya yang low in fat, dan yang terakhir obat-obatan yang disarankan dokter,” ucapnya.

Disebutkannya, jika konsisten menerapkan 5 pilar itu, akan membantu diabetesis untuk menjaga gula darah dan terhindar dari komplikasi, dan itu pon penting yang disampaikan ke masyarakat, khususnya di Medan. Karena penyebab kematian diabetes tinggi, pertama jantung, kedua ginjal.

“Pada acara ini, kita ingin memberikan edukasi bahwa setelah pulang dari sini harus menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan 5 pilar yang diedukasi. Untuk Diabetasol mengganti makan siang dan malam hari. Posisi Diabetasol membantu diabetasis saat pagi hari, supaya memulai hari dengan asupan yang tepat,” sebutnya.

Yunita menerangkan, sebenarnya diabetes jangan banyak larangan karena akan stres, dan gula darah bisa naik kalau stres. Dilihat dari data nasional, penderita diabetes saat ini kurang lebih ada 10 juta orang di Indonesia. Salah satu kota yang paling besar adalah Medan, setelah itu di bagian Timur juga tinggi.

“Tapi Medan angkanya cukup signifikan. Ada beberapa kota besar di Indonesia, Medan, Jakarta, dan di Indonesia Timur. Makanan dan lifestyle juga bisa memicu diabetes, tapi sebenarnya bisa dikreasikan agar tidak berbahaya untuk diabetasis dengan dikreasikan. Diabetasol memiliki beberapa produk mulai dari susu, sweetener pengganti gula dan wafer,” sebutnya

Sebelumnya, Kamis (14/7), Branch Head Diabetasol Cabang Medan, Sekti Aji Wibowo menjelaskan, kegiatan dilaksanakan di Lapangan Citra Garden dimulai dengan talkshow edukasi mengenai terapi farmakologis dan nutrisi, kemudian aktivitas fisik seperti senam, pengecekan gula darah rutin, hingga konsultasi gratis dengan health expert.

“Ada dua pembicara dalam talkshow yakni dr. Mardianto, SpPD-KEMD, FINASIM yang memaparkan edukasi tentang 5 pilar tatalaksana diabetes untuk hidup yang berkualitas,” kata Aji saat itu.

Selanjutnya, ada Cooking Demo Smoothies Diabetasol, Hasan Basri, dengan topik tentang edukasi pentingnya nutrisi diabetes untuk membantu mengontrol gula darah. Diestimasikan ada 500 peserta yang hadir dalam acara. Peserta masih bisa mendaftar hingga 27 Juli 2023 sejak dibuka 27 Juni.

Diabetasol mengajak masyarakat untuk menghadiri peringatan Hari Diabetes Nasional supaya mengetahui jelas tentang diabetes sekaligus meraih keberuntungan dari berbagai hadiah yang akan diberikan pada setiap lomba.

"Iya, seperti Lomba Senam Kreasi Diabetasol dan Lomba Kreasi Menu Diabetasol dengan mengambil 3 juara terbaik berhadiah total hadiah jutaan Rupiah," terangnya.

Ada juga doorprize undian untuk peserta Hari Diabetes Nasional. Peringatan Hari Diabetes Nasional digelar Diabetasol untuk memberi edukasi pentingnya menjaga kesehatan agar tidak terkena diabetes.

“Data menunjukkan 90 persen penyandang diabetes di Indonesia disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat serta kurang aktivitas fisik. Diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol gula darahnya sehingga tidak terjadi komplikasi," tetangnya.

Perlu juga mengkonsumsi Diabetasol karena merupakan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang, sesuai dengan kebutuhan penderita diabetes. Dilengkapi dengan vita digest, kombinasi karbohidrat kompleks lepas lambat dan tinggi serat untuk bantu kenyang lebih lama dan gula darah lebih terkontrol. Tinggi kalsium dan tinggi vitamin C, E, dan sumber zink untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Berdasarkan data 2019, penderita diabetes di Sumut ada 249.519 dengan sekitar 2,4 persen dari populasi usia produktif dan lanjut usia. Ayo ikuti acara Hari Diabetes Nasional biar semakin memahami tentang diabetes, pencegahan dan penanganan," pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi