Paus Fransiskus Peringatkan Anak Muda Katolik Tentang Jerat Media Sosial

Paus Fransiskus Peringatkan Anak Muda Katolik Tentang Jerat Media Sosial
Paus Fransiskus menghadiri upacara penyambutan di Parque Eduardo VII selama perjalanan apostoliknya ke Portugal dalam rangka Hari Orang Muda Sedunia XXXVII, di Lisbon, Portugal, 3 Agustus 2023. (Vatican Media/Handout via Reuters)

Analisadaily.com, Partugal - Salah satu kerumunan terbesar yang pernah terlihat di Portugal ketika Paus Fransiskus mengendarai kendaraan terbuka ke rapat umum di mana dia mengatakan kepada lautan anak muda Katolik dari seluruh dunia untuk berhati-hati terhadap kebahagiaan palsu, yang bersembunyi di media sosial.

Francis diarak di sepanjang jalan ibu kota Portugis dengan "mobil paus" putih melewati orang-orang yang mengibarkan bendera nasional dari banyak negara, berkumpul di taman Edward VII yang luas.

Kerumunan, yang menurut polisi berjumlah sekitar setengah juta, adalah yang terbesar di Lisbon sejak perayaan tahun 2016 ketika pasukan Portugal memenangkan kejuaraan sepak bola Eropa.

"Luar biasa karena Portugal adalah negara yang sangat kecil sehingga tampaknya tidak ada yang mengetahuinya, jadi senang mengetahui bahwa kami menjadi tuan rumah acara penting ini. Kami bahagia," kata Mariana Moreira, 20, dari kota utara Barcelos dilansir dari Reuters, Jumat (4/8).

Acara sore hari pada Kamis adalah yang pertama dari beberapa dengan paus untuk Hari Orang Muda Sedunia, sebuah pertemuan yang diadakan setiap tiga tahun di kota yang berbeda. Acara yang dibuka pada hari Selasa, akan ditutup dengan Misa Kepausan pada hari Minggu.

Tampak bersemangat oleh kerumunan anak muda yang bernyanyi dan menari, Francis memperingatkan mereka untuk berhati-hati terhadap "ilusi dunia maya" di mana algoritme menggunakan nama mereka untuk riset pasar tetapi tidak pernah dapat memahami keunikan seseorang.

"Banyak realitas yang menarik kita dan menjanjikan kebahagiaan kemudian terbukti seperti apa adanya: hal-hal yang sia-sia, berlebihan, dan pengganti yang membuat batin kita kosong," kata Paus.

Francis berkata bahwa Tuhan "bukan mesin pencari", dan tidak memberikan jawaban yang sederhana dan langsung, tetapi tanggapan yang memicu kegelisahan yang sehat dan mendorong orang untuk mencari kebenaran.

Festival itu berlangsung di bawah bayang-bayang krisis pelecehan seks global Gereja versi Portugal, menyusul publikasi laporan enam bulan lalu yang mengatakan setidaknya 4.815 anak di bawah umur telah dilecehkan secara seksual oleh pendeta selama tujuh dekade.

Salah satu orang muda yang berbicara kepada paus sebelum dia berbicara memintanya "memperbaiki Gereja untuk masa depan yang lebih baik". Francis bertemu dengan 13 korban pelecehan seksual pendeta pada Rabu malam.

Sejak awal kepausannya, Fransiskus telah berusaha membuat Gereja lebih ramah dan tidak terlalu mengutuk, termasuk kepada anggota komunitas LGBT, tetapi tanpa mengubah ajaran yang mendesak mereka yang memiliki ketertarikan sesama jenis untuk menjadi suci.

Dia telah mendorong serangkaian reformasi, termasuk memberikan lebih banyak peran kepada perempuan, tetapi menghadapi keseimbangan yang rapuh antara menarik lebih banyak penganut liberal dan konservatif yang mengecewakan.

Dia memberi tahu orang banyak bahwa Gereja memiliki ruang untuk semua orang, "termasuk mereka yang melakukan kesalahan, yang jatuh atau berjuang", dan memimpin mereka dalam nyanyian "Todos, todos, todos!" (Semuanya, semuanya, semuanya!).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi