Jika Alami Masalah Rangka, Yamaha Persilakan Konsumen Ajukan Klaim

Jika Alami Masalah Rangka, Yamaha Persilakan Konsumen Ajukan Klaim
President Director & CEO PT. YIMM Dyonisius Beti saat memberikan keterangan di hadapan awak media. (Analisadaily/Bambang Riyanto)

Analisadaily.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempersilakan konsumen yang mengalami masalah pada rangka sepeda motor Yamaha untuk melakukan klaim guna dilakukan penggantian.

"Kita percaya diri tidak ada masalah. Kalaupun ada masalah, konsumen tidak usah khawatir, baik XMAX, ataupun NMAX, ataupun Mio karena kita ada garansi satu tahun. Kalau betul itu ada masalah pabrik, pasti diganti yang baru, free of charge," ucap President Director & CEO PT. YIMM Dyonisius Beti dalam pers rilisnya, Sabtu (2/9).

Pria yang lebih akrab dipanggil Dyon itu menjelaskan, Yamaha akan memberikan penggantian sesuai dengan standar garansi perusahaan. Konsumen yang mengalami masalah pada rangka sepeda motor mereka bisa melakukan klaim ke jaringan diler Yamaha.

Yamaha mengalokasikan waktu maksimal dua bulan untuk pergantian rangka. Apabila pelanggan membutuhkan sepeda motor dalam periode pergantian, diler akan menyediakan layanan sepeda motor pengganti.

"Jadi standar prosedur kita adalah klaim, kalau itu betul klaimnya kita akan gantikan yang baru dan secepat mungkin. Dan kalau itu kebutuhan sehari hari biasanya dealer akan menyediakan sepeda motor pengganti," kata Dyon menjelaskan.

Lebih lanjut Dyon mengatakan, sepeda motor Yamaha seperti NMAX maupun XMAX telah diproduksi cukup lama dan diekspor ke berbagai negara. Hingga saat ini, kata dia, tidak ada laporan klaim oleh konsumen terkait masalah pada rangka kedua model sepeda motor.

YIMM baru-baru ini mengajak sejumlah media nasional untuk melihat langsung proses produksi produk sepeda motornya di pabrik mereka di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Mereka mengklaim undangan kunjungan pabrik ini tidak ada kaitannya dengan kompetitor yang tengah dirundung masalah terkait frame atau rangka. "Selain ingin memperlihatkan production recovery process, kami ingin menunjukkan kualitas produk Yamaha," terangnya.

Terkait permasalah rangka yang melibatkan kompetitor, Yamaha enggan menanggapi. Mereka hanya fokus pada produk-produknya yang tidak hanya diterima di pasar domestik tetapi juga mancanegara.

Terkait rangka motornya, Yamaha mengklaim telah mendesainnya secara khusus. Dalam proses pembuatannya, Yamaha mempertimbangkan sejumlah faktor.

"Yamaha mempelajari, di Indonesia ada musim hujan dan musim kemarau. Kalau hujan pasti semua motor basah, oleh karenanya desain frame Yamaha memperhatikan secara umum tentang faktor ini," jelas pria yang akrab disapa Dyon tersebut.

Yamaha, kata dia, membuat desain rangka sepeda motor dengan memperhitungkan aliran drainase air, guna mencegah penumpukan air dalam rangka yang bisa menimbulkan karat.

Selain itu, perusahaan juga menggunakan material yang diklaim lebih tebal. Dyon menyebut bahwa material yang digunakan untuk memproduksi rangka dua kali lipat lebih tebal daripada yang digunakan oleh produsen lain, yang dapat meningkatkan ketahanan rangka terhadap karat.

"Yamaha sudah mempersiapkan metode proteksi perlindungan karat khusus, tentu satu pemilihan bahan. Bahan kita relatif lebih tebal dibanding dengan industri yang lainnya. Setahu saya dua kali lipat dibanding yang lainnya. Ketebalan itu akan mempengaruhi kemampuan bertahan pada karat," ucap dia.

(BBG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi