Banjir di Mandailing Natal, 100 Pemukiman Warga Terendam Air

Banjir di Mandailing Natal, 100 Pemukiman Warga Terendam Air
Banjir di Desa Bintungan Bajangkar Baru, Kecamatan Sinunukan. (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Mandailing Natal - Tingginya intensitas hujan yang melanda wilayah Mandailing Natal pada Rabu (20/9) malam membuat sejumlah desa di Kecamatan Sinunukan teredam air hingga mencapai ketinggian 70 centimeter, termasuk diantaranya Bintungan Bejangkar Baru, Air Apa dan Banjar Aur Utara.

"Setidaknya 100 pemukiman warga terendam dan sempat membuat sekolah terpaksa diliburkan karena tergenang air," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailing Natal, Muksin Nasution dilansir dari Antara, Kamis (21/9).

Kata Muksin, ketiga desa itu daerah langganan banjir apabila sungai Batang Bangko meluap. Banjir sempat menggenangi badan jalan dititik KM 2 Desa Pulo Padang Kecamatan Lingga Bayu sepanjang 400 meter.

Akibatnya, arus lalu lintas dari dan menuju Kecamatan Sinunukan tidak bisa dilewati kenderaan roda empat kecuali mobil besar seperti truk.

Atas kondisi cuaca ekstrim itu, ia mengimbau kepada warga yang bermukim dipinggiran sungai Batang Bangko agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca.

"Kita dari BPBD sudah memberikan arahan kepada Camat untuk disampaikan kepada kepala desa agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan. Kita juga sudah meminta Camat agar memetakan lokasi tempat pengungsian apabila air sungai menjadi naik," jelasnya.

Mengingat cuaca ekstrim saat ini, Muksin juga menghimbau agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan dari kemungkinan bencana banjir dan longsor.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi