Icon Sunsuria dan Island Hospital Jalin Kemitraan, Buka Pusat Perawatan Kanker Pertama di Malaysia

Icon Sunsuria dan Island Hospital Jalin Kemitraan, Buka Pusat Perawatan Kanker Pertama di Malaysia
Tan Sri Datuk Ter Leong Yap, Founder dan Executive Chairman Sunsuria Berhad; Serena Wee, Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong; Mark Wee, Chief Executive Officer Island Hospital; dan Lim Kooi Ling, Chief of Staff Island Hospital (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Penang - Icon Sunsuria Sdn. Bhd. (Icon Sunsuria) dan Island Hospital menjalin kemitraan membuka pusat perawatan kanker pertama di Malaysia, yang semula dijadwalkan dibuka di Penang awal 2024.

Pusat perawatan kanker baru ini menawarkan layanan perawatan kanker komprehensif fasilitas kelas dunia bagi pasien dari Malaysia dan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Penang menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan medis Indonesia. Menurut Penang Centre for Medical Tourism (PMED), 178.000 wisatawan medis mengunjungi Penang pada 2022. Sementara Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) melaporkan, dari 166.000 pengunjung medis, sekitar 90% merupakan warga Indonesia.

Penang Global Tourism menyebutkan, wisatawan Indonesia yang terbang ke Penang tahun lalu berasal dari Banda Aceh, Medan, Jakarta, Surabaya dan lainnya. Pengobatan kanker menjadi salah satu alasan untuk bepergian ke luar negeri, selain pengobatan penyakit jantung dan gangguan pencernaan.

Kerja sama strategis ini menggabungkan keahlian onkologi regional dari Icon Sunsuria dengan kepemimpinan Island Hospital, sebagai salah satu rumah sakit swasta terbesar di Malaysia dan destinasi pariwisata medis terkemuka untuk memberikan pasien akses ke perawatan kanker berstandar dunia.

Mewakili Icon Sunsuria dalam upacara penandatanganan dilakukan Serena Wee, Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong, sedangkan Island Hospital diwakili Chief Executive Officer, Mark Wee. Hadir dalam kegiatan ini, Tan Sri Datuk Ter Leong Yap, Founder dan Executive Chairman Sunsuria Berhad serta Lim Kooi Ling, Chief of Staff Island Hospital.

Pencapaian ini menyusul kemitraan terbaru antara Sunsuria Healthcare, anak perusahaan Sunsuria Berhad, dan Icon Cancer Centre Singapore, bagian dari Icon Group, penyedia perawatan kanker terpadu terbesar di Australia yang menghasilkan terbentuknya Icon Sunsuria.

Kolaborasi ini menggabungkan keahlian Icon Group dalam onkologi, termasuk lebih dari 300 dokter, 50 pusat kanker, dan lima fasilitas pembuatan obat kemoterapi dengan kekuatan dan pengetahuan Sunsuria Healthcare tentang jaringan lokal dan lanskap kesehatan untuk meningkatkan spesialis medis diakreditasi secara internasional, serta fasilitas kelas dunia di Island Hospital.

Hal ini sekaligus memastikan bahwa pasien, baik dari Malaysia maupun negara kawasan, mendapat akses ke perawatan kanker yang komprehensif dan didasarkan pada bukti medis.

“Misi utama Icon Sunsuria menjadikan perawatan kanker yang canggih dapat diakses dengan pendekatan komprehensif dan berfokus pada pasien,” ujar Serena Wee, Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong dalam siaran pers diterima Rabu (18/10).

“Kerja sama dengan Island Hospital bukti dari misi ini, dengan menggabungkan keahlian onkologi kami yang luas dengan lembaga kesehatan ternama. Kami akan memanfaatkan kemampuan kolektif untuk membantu mengurangi kesenjangan dalam akses perawatan kanker dan mengatasi beban kesehatan. Kerja sama ini merupakan langkah penting menyediakan perawatan kanker kelas dunia dan akses lebih besar untuk perawatan kanker berkualitas bagi pasien di Malaysia dan negara sekitarnya," urai Serena.

Dikatakannya, melalui kerja sama ini, akan memberdayakan pasien dan keluarga dengan pengetahuan dan sumber daya dalam perjuangan melawan kanker serta membuat langkah-langkah penting menuju keberhasilan untuk sembuh (survivorship).

Mark Wee, Chief Executive Officer of Island Hospital menambahkan, kerja sama ini merupakan komitmen berani lainnya dari Island Hospital untuk lebih mengembangkan onkologi sebagai salah satu pilar keunggulan medis.

“Melalui kerja sama ini, kami memperkuat komitmen meningkatkan akses pasien dari seluruh wilayah ke perawatan dan teknologi terbaik, menawarkan berbagai perawatan kanker multi disiplin didukung tim profesional berdedikasi dan peralatan medis diagnostik dan terapeutik yang canggih di Island Hospital," tegasnya.

Dengan lebih memanfaatkan kehadiran dan kekuatan kami di kawasan Asia Pasifik, sambungnya, kami berkomitmen memberikan keunggulan unik bagi masyarakat Indonesia, sekaligus memajukan sektor pariwisata medis yang berkembang pesat di Malaysia ke level berikutnya.

Berdiri 1996, Island Hospital merupakan institusi perawatan kesehatan dengan 600 tempat tidur dan telah diakreditasi secara internasional. Diakui sebagai penyedia layanan kesehatan utama di Malaysia, rumah sakit ini melayani pasien dari komunitas lokal maupun internasional.

Patut dicatat, Island Hospital mendapat kehormatan menjadi satu-satunya rumah sakit di Penang yang masuk daftar Kementerian Kesehatan Malaysia untuk Flagship Medical Tourism Hospital Programme (FMTH) yang prestisius.

“Icon Sunsuria memilih Penang sebagai lokasi pusat pertama kami karena lokasinya strategis dan reputasi mapan sebagai tujuan bagi pasien yang mencari perawatan medis canggih. Dengan mendirikan pusat layanan di sini, kami tidak hanya meningkatkan akses ke perawatan kanker berkualitas tinggi untuk pasien dari Malaysia dan wilayah Asia Tenggara yang lebih luas, termasuk Indonesia. Menurut Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO) pada 2020, Indonesia memiliki 396.914 kasus kanker dan 234.511 kematian akibat kanker. Bekerja sama dengan Island Hospital, salah satu lembaga kesehatan terkemuka di Malaysia, maka pasien kanker dari berbagai wilayah di Indonesia berkesempatan mendapatkan perawatan kelas dunia di fasilitas baru kami,” sambung Audrey Ooi, Chief Executive Officer Sunsuria Healthcare.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi