Dunia Dosen Bekerja Sama dengan Deepublish Selenggarakan Webinar Publikasi

Dunia Dosen Bekerja Sama dengan Deepublish Selenggarakan Webinar Publikasi
Dunia Dosen Bekerja Sama dengan Deepublish Selenggarakan Webinar Publikasi (Analisadaily/Istimewa)

Publikasi ilmiah yang dilakukan dosen di Indonesia tak hanya lewat jurnal maupun prosiding, melainkan juga lewat buku. Tetapi masih banyak dosen yang belum memahami secara jelas buku yang bisa ditulis dari teknik penulisan, format, hingga standar penerbitan yang ditetapkan Dikti.

Padahal menerbitkan buku adalah salah satu cara mempercepat kenaikan jabatan fungsional. Oleh karena itu, Dunia Dosen menyelenggarakan webinar series bertema publikasi untuk membantu dosen cepat menaiki tangga karir sekaligus menunaikan kewajibannya.

Webinar Series "Dari Penelitian ke Publikasi"

Tak wajib memiliki keterampilan mengajar, dosen juga perlu mengasah atau mengembangkan keterampilan menulis. Maka dosen bisa berpartisipasi dalam setiap webinar yang diselenggarakan oleh Dunia Dosen. Siapakah Dunia Dosen itu?

Dunia Dosen merupakan pusat informasi, komunikasi, dan kolaborasi yang ditujukan untuk seluruh dosen negeri maupun swasta di Indonesia. Dunia Dosen menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak untuk menyelenggarakan webinar berkualitas yang ditujukan kepada para dosen.

Mendukung kegiatan webinar tersebut, Dunia Dosen kemudian berkolaborasi dengan Penerbit Deepublish. Kolaborasi ini telah sukses menyelenggarakan sejumlah webinar kepenulisan yang diisi oleh pemateri terpercaya, kredibel, dan ahli di bidangnya.

Webinar yang terselenggara juga mengusung topik seputar buku-buku pendidikan, seperti buku ajar, buku monograf, dan buku referensi. Sehingga bisa menjadi sarana bagi dosen untuk update informasi, upgrade keterampilan, dan mempercepat pengembangan karir akademik.

Baru-baru ini, Dunia Dosen berkolaborasi dengan Penerbit Deepublish menggelar program Webinar Series “Dari Penelitian ke Publikasi”. Webinar ini terbagi menjadi 2 tema, yaitu publikasi jurnal dan buku.

Webinar pertama berjudul Teknik dan Tips Aman Menerbitkan di Jurnal Internasional yang diselenggarakan pada 4 Oktober 2023. Lalu, webinar selanjutnya diselenggarakan pada 13 Oktober 2023 dengan judul Teknik Menulis Buku Berkualitas Menangkan Kompetisi.

Dunia Dosen mengangkat judul tersebut tentu tak mungkin tanpa alasan. Lalu, apakah tujuan dibalik pemilihan tema? Apa manfaat yang akan diperoleh dosen?

Tujuan Dunia Dosen Memilih Webinar Publikasi

Sebagai pusat informasi untuk para dosen di Indonesia, kira-kira kenapa Dunia Dosen menyelenggarakan webinar series ini? Adanya penyelenggaraan webinar series bekerjasama dengan Penerbit Deepublish adalah sebagai bentuk komitmen Dunia Dosen.

Dunia Dosen berkomitmen membantu para dosen di Indonesia bisa tampil profesional di karir akademiknya. Sehingga bisa lebih optimal dalam menjalankan aktivitas tri dharma yang berdampak pada pengembangan IPTEK di Indonesia dan dunia.

Penyelenggaraan webinar oleh Dunia Dosen secara umum memiliki beberapa tujuan berikut:

1. Mendukung Percepatan Karir Dosen

Tujuan pertama adalah membantu seluruh dosen di Indonesia untuk mempercepat pengembangan karir akademik. Dimana menjadi pencapaian dosen sekaligus bukti dosen sudah profesional. Sehingga webinar dengan topik-topik yang mempengaruhi karir akademik diusung Dunia Dosen.

2. Membantu Dosen yang Kesulitan Melakukan Publikasi Jurnal dan Buku

Tujuan kedua adalah membantu para dosen mengatasi berbagai kesulitan dan kendala dalam mengurus publikasi. Baik itu publikasi jurnal maupun buku ilmiah. Sehingga dosen tidak lagi mengalami kendala dalam proses menunaikan kewajiban publikasi.

3. Memberikan Wadah Diskusi Seputar Tema

Tujuan Dunia Dosen menyelenggarakan webinar berikutnya adalah memberikan wadah diskusi bagi para dosen. Khususnya diskusi berkaitan dengan tema webinar yang dibahas dan dipaparkan materinya oleh narasumber yang disediakan Dunia Dosen dan mitra. Hal ini tentu penting agar semakin paham dan semakin mudah dipraktikkan seluruh ilmu yang dibahas di webinar.

4. Mendorong Dosen Indonesia untuk Produktif Berkarya

Lewat webinar-webinar yang diselenggarakan Dunia Dosen dengan Penerbit Deepublish maupun mitra lainnya. Diharapkan bisa memberi dorongan kepada para dosen untuk lebih produktif berkarya. Sehingga semakin banyak publikasi dilakukan dan karir akademik semakin cemerlang.

Tips Sukses Publikasi dari Para Ahli

Webinar Series “Dari Penelitian ke Publikasi” kolaborasi Dunia Dosen dan Penerbit Deepublish telah rampung. Melalui dua series webinar tersebut, inilah rangkuman tips agar para dosen sukses melakukan publikasi ilmiah:

1. Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri

Tips pertama untuk sukses melakukan publikasi ilmiah, baik dalam bentuk jurnal, prosiding, maupun menerbitkan buku adalah berusaha menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

Anda harus memahami bahwa ada banyak dosen, mereka ahli di bidang masing-masing, dan punya jalannya sendiri untuk sukses berkarir di akademik. Maka jangan mudah hilang fokus dengan melihat pencapaian dosen lain yang dirasa masih terlalu sulit untuk diikuti.

Hal ini bisa membuat pengembangan diri lebih sulit. Berbeda jika mampu menjadi yang terbaik dari diri sendiri, tetap fokus, dan sekecil apapun sebuah pencapaian artinya adalah hasil terbaik yang bisa Anda dapatkan.

2. Punya Keyakinan Pasti Mampu

Tips yang kedua adalah memiliki keyakinan bahwa memang mampu untuk mengembangkan publikasi ilmiah. Meski dikenal susah, akan tetapi menulis dan melakukan publikasi bukan bakat bawaan lahir. Melainkan keterampilan yang bisa dipelajari.

Melalui pemahaman ini maka akan menumbuhkan semangat dan keyakinan bahwa diri sendiri bisa. Hal ini kemudian memberi motivasi untuk produktif berkarya dan berani mempublikasi karya yang sudah disusun.

3. Melakukan Manajemen Waktu

Tips ketiga adalah melakukan manajemen waktu, pasalnya dosen di Indonesia dijamin memiliki kesibukan tinggi. Aktivitas tri dharma dan tugas penunjang sudah tentu menyita banyak waktu.

Namun, untuk bisa produktif menulis dan melakukan publikasi. Dosen butuh manajemen waktu yang tepat. Hal ini penting agar seluruh tugas akademik bisa diselesaikan dengan baik dan tidak mengganggu produktivitas publikasi.

4. Komitmen untuk Menulis

Tips keempat adalah memiliki komitmen untuk menulis. Artinya, dosen perlu menyediakan waktu khusus untuk menulis bukan sekedar menunggu waktu luang. Kesibukan yang tinggi tidak memungkinkan dosen memiliki banyak waktu luang.

5. Berani Melakukan Publikasi

Berikutnya adalah memiliki keberanian untuk melakukan publikasi. Masih banyak dosen khawatir karyanya ditolak penerbit, karyanya tidak disukai pembaca, tidak bermanfaat, dan ketakutan lain yang belum tentu akan terjadi.

Semua publikasi ilmiah dijamin bermanfaat dan dibutuhkan oleh pembaca, baik dari kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Jadi, silahkan submit artikel ke pengelola jurnal dan kirimkan naskah buku ke penerbit profesional tanpa ragu.

Mau mendapatkan tips seputar publikasi dan karir perdosenan? Kami sarankan Anda untuk mengikuti Dunia Dosen di berbagai platform, seperti website dan Instagram @duniadosencom. Karena akan ada lebih banyak webinar yang akan diselenggarakan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menjalin kerja sama webinar untuk institusi Anda agar semakin memahami seluk beluk karir dosen secara mendalam dan leluasa. Tunggu apalagi? Ajukan kolaborasi webinar bersama Dunia Dosen melalui laman Kolaborasi. Semakin cepat Anda berkolaborasi, semakin cepat juga kesulitan yang dihadapi dosen mendapatkan solusi.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi