Tepat di Hari Pahlawan, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Resmi Beroperasi

Tepat di Hari Pahlawan, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Resmi Beroperasi
Branch Manager Indrapura Kisaran (Inkis) PT Hutama Karya, Ari Wibowo (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Batubara - Tepat tanggal 10 November 2023 atau peringatan Hari pahlawan, Gerbang Tol Lima Puluh ruas Indrapura-Kisaran, seksi Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15 Kilometer (Km) resmi dibuka.

Selain ruas Indrapura-Lima Puluh, juga dibuka dari Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28 Km, tepat pukul 10.00 WIB.

“Untuk tarif masih Rp 0. Kita operasikan tanpa tarif, sampai menunggu Kepmen Tarif dari Kementerian PUPR,” kata Branch Manager Indrapura Kisaran (Inkis) PT Hutama Karya, Ari Wibowo.

Walau pengoperasian masih tanpa tarif, pengguna jalan tetap diimbau menggunakan e-Toll untuk tapping di gerbang masuk dan keluar. Untuk sarana dan prasarana sudah lengkap, baik di Indrapura-Kisaran, seksi Indrapura-Lima Puluh.

“Sudah ada sertifikat laik beroperasi. Juga ada Kepmen Pengoperasian dari Kementerian PUPR. Kedua gerbang tol,” terang Ari Wibowo.

Alasan dibuka pada 10 November 2023 bertepatan pada momentum peringatan Hari Pahlawan, karena juga sudah keluar Kepmen Penetapan Pengoperasian pada 2 Oktober 2023.

“Kita juga koordinasi ruas tol dari PT Hutama Marga Waskita (HMW), dari Tebing Tinggi-Indrapura. Momen 10 November 2023 ini sangat tepat untuk dibuka operasi tanpa tarif seksi Indrapura-Lima Puluh dan juga Tebing Tinggi-Indrapura,” bebernya.

Ada 2 Rest Area sedang dibangun di seksi Indrapura-Lima Puluh, tepatnya di KM 118A dan 119B. Ditargetkan saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bisa difungsikan untuk masyarakat.

“Nantinya, di Rest Area akan dilibatkan UMKM lokal. Karena prioritas dari Hutama Karya itu 80 persen UMKM,” jelasnya.

Kepada masyarakat diimbau tetap mengutamakan keselamatan saat melintas jalan tol. Diimbau untuk selalu berhati-hati, utamakan keselamatan, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Estimasi waktu yang dipangkas dari Tebing Tinggi-Indrapura-Lima Puluh yang tadinya dari Tebing Tinggi ke Lima Puluh sekitar 1 hingga 1,5 jam, dengan dibukanya tol ini bisa ditempuh sekitar 15 hingga 20 menit,” terang Ari Wibowo.

Bupati Batubara, Zahir menyebut, selama ini kehadiran jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat Sumut, khususnya Batu Bara, karena dapat mengurangi kemacetan dan berpengaruh bagi pembangunan yang sedang berjalan.

“Kami ucapkan terima kasih atas dibukanya jalan tol ini. Kami mendukung hal-hal yang berhubungan terhadap proses. Kami siap menerima dan membantu. Dengan adanya jalan tol, akan mempercepat distribusi bahan baku, dan akan meningkatkan pendapatan ekonomi,” pungkasnya

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi