Alex Song, Mantan Gelandang Arsenal Gantung Sepatu

Alex Song, Mantan Gelandang Arsenal Gantung Sepatu
Alex Song (Sports Mole/Reuters)

Analisadaily.com, London - lex Song mengumumkan pensiun dari sepak bola pada usia 36 tahun. Song menghabiskan tiga tahun terakhir karir bermainnya bersama AS Arta/Solar7 di Djibouti, mengoleksi dua gelar Liga Utama Djibouti dan dua Piala Djibouti, namun ia hanya bermain lima kali untuk klub tersebut setelah kedatangannya pada November 2020.

Penampilan terakhir pemain berusia 36 tahun itu untuk AS Arta/Solar7 terjadi di putaran pertama Liga Champions CAF tahun lalu, tampil 90 penuh saat bermain imbang tanpa gol dengan Al-Merrikh SC pada September 2022.

Karena tidak pernah terlihat lagi di lapangan sejak itu, Song, yang juga membantu mengawasi perkembangan pemain muda di klub Afrika tersebut, telah gantung sepatu setelah bertugas selama 19 tahun sebagai pemain senior, termasuk di Arsenal, Barcelona dan Kamerun.

“Dengan sangat sedih sudah tiba waktunya bagi saya untuk gantung sepatu,” tulis Song di Instagram dilansir dari Sports Mole, Rabu (15/11).

“Perjalanan saya yang dimulai di Yaoundé saat masih kecil, bermain tanpa sepatu bot, bertelanjang kaki, dan di atas kerikil keras, memberi saya kekuatan dan keberanian untuk sukses," sambungnya.

“Ketika saya pindah ke Perancis, bermain untuk Bastia, saya pikir saya telah mencapai keajaiban. Namun, ini hanyalah permulaan karena perjalanan saya berlanjut ke Arsenal dan Barcelona, dua klub terhebat di dunia. Begitu banyak orang yang telah membantu saya. ngomong-ngomong, istriku, anak-anakku, keluarga, teman-teman, agenku, pelatih dan tentu saja semua rekan satu timku yang akan selalu aku syukuri," ujarnya.

Tentu saja Charlton, West Ham, Rubin Kazan, Sion dan Arta/Solar 7 akan selalu ada di hati saya. Mendapat kehormatan mewakili negara saya sebanyak 60 kali juga membuat saya sangat bangga. Saya merasa diberkati dengan begitu banyak kenangan indah yang akan terjadi tetap bersamaku selamanya.

"Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar yang telah mendukung saya selama ini, saya akan menghargai segalanya. Saya berharap dapat segera bertemu dengan kalian semua lagi. Alex. Hanya ada satu Lagu," ucapnya.

Song menjalani kariernya di akademi Bastia sebelum pindah ke Arsenal seharga €4 juta (£3,5 juta) pada tahun 2005, dan setelah tampil singkat untuk The Gunners, pemain asal Kamerun itu menghabiskan paruh kedua musim 2006-07 dengan status pinjaman di Charlton Athletic.

Selama lima tahun berikutnya, Song berkembang menjadi pemain integral untuk Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger, mencetak 10 gol dan memberikan 23 assist dalam 204 pertandingan untuk klub, membuat 11 gol di musim kompetisi papan atas 2011-12 saat ia membentuk tim yang kuat. "ikatan di lapangan dengan Robin van Persie ".

Eksploitasi Song di musim terakhirnya di Arsenal membuatnya finis ketiga dalam pemungutan suara Pemain Terbaik Afrika 2012 di belakang Didier Drogba dan Yaya Toure, dan dia dijual ke Barcelona seharga €19 juta (£16,5 juta) pada musim panas yang sama.

Sang gelandang mencetak satu gol dan membuat dua assist dalam 65 pertandingan untuk Barcelona, ??memenangkan satu gelar La Liga dan satu Supercopa de Espana, namun ia gagal mendapatkan tempat reguler di ruang mesin Blaugrana yang bertabur bintang.

Song kemudian kembali ke Liga Premier bersama West Ham United dengan kontrak pinjaman dua tahun, bermain 46 kali untuk The Irons sebelum bergabung dengan Rubin Kazan dengan status bebas transfer pada tahun 2016 ketika kontraknya di Camp Nou berakhir.

Setelah periode yang kurang memuaskan di Rusia, Song bergabung dengan klub Swiss Sion selama satu setengah tahun, meninggalkan klub pada Maret 2020 sebelum kembali ke Afrika.

Selama karir internasionalnya, Song memberikan empat assist dalam 47 pertandingan untuk Kamerun, mewakili negaranya di dua Piala Dunia dan dua Piala Afrika, mendapatkan tempat di XI Terbaik untuk turnamen terakhir pada tahun 2008 dan 2010.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi