Setelah 18 Tahun, Marouane Fellaini Umumkan Pensiun

Setelah 18 Tahun, Marouane Fellaini Umumkan Pensiun
Marouane Fellaini saat masih bermain untuk Manchester United (Sports Mole/Reuters)

Analisadaily.com, Inggris - Mantan gelandang Manchester United, Marouane Fellaini, telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola profesional, dan pemain Belgia itu gantung sepatu pada usia 36 tahun.

Fellaini memulai karir profesionalnya bersama Standard Liege, membuat 84 penampilan untuk tim Belgia, sebelum pindah ke sepak bola Inggris bersama Everton pada tahun 2008.

Gelandang ini mencetak 33 gol dan mencatatkan 26 assist dalam 177 penampilan untuk The Toffees sebelum pindah ke Man United pada musim panas 2013.

Fellaini juga mencatatkan 177 penampilan untuk juara Inggris 20 kali itu, mencetak 22 gol dan mencatatkan 12 assist, memenangkan Piala FA, Piala EFL, Community Shield dan Liga Europa, sebelum berangkat ke Tiongkok.

Pemain internasional Belgia 87 kali itu bermain untuk Shandong Taishan antara 2019 dan 2023, meninggalkan tim Tiongkok pada akhir musim, ia kini mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola profesional.

“Saya menulis postingan ini untuk mengumumkan bahwa setelah berkarier selama 18 tahun, saya pensiun dari sepak bola profesional,” tulis Fellaini di akun Instagram resminya dilansir dari Sports Mole, Minggu (4/2).

"Tetapi semuanya dimulai jauh sebelum 18 tahun ini. Saya ingat, seperti hari kemarin, pertandingan pertama saya sebagai seorang anak, sesi latihan tanpa akhir dengan ayah saya, seleksi pertama saya untuk Standard de Liege, dan seleksi pertama saya untuk tim Belgia. tim nasional Waktu berlalu," sambungnya.

"Sungguh perjalanan yang luar biasa! Saya sangat bersyukur telah memainkan olahraga yang saya sukai di level tertinggi. Saya bangga telah mewakili Standard di Belgia, Everton dan Manchester United di Inggris, dan Shandong Taishan di Tiongkok," ujarnya.

“Merupakan suatu kehormatan bisa bermain untuk tim nasional Belgia di Olimpiade 2008, Euro 2016, dan Piala Dunia 2014 dan 2018.

“Saya telah bermain di hadapan para penggemar terbaik di dunia, dan saya ingin memanfaatkan momen ini untuk berterima kasih kepada mereka semua atas dukungan mereka yang tak tergoyahkan sepanjang karier saya. Dorongan dan semangat Anda selalu menjadi sumber inspirasi bagi saya.

“Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa keluarga saya, rekan satu tim, pelatih, penasihat, dan semua orang yang telah menjadi bagian dari perjalanan saya. Cinta, bimbingan, dukungan, dan persahabatan Anda sangat berharga. Terima kasih!

"Saat saya memulai babak baru dalam hidup saya, saya menantikan tantangan baru, tapi yakinlah, saya akan terus mendukung permainan indah ini dengan cara apa pun yang saya bisa. Sampai jumpa lagi!"

Fellaini mencetak 50 gol dan 13 assist dalam 141 penampilan untuk Shandong Taishan, memenangkan Liga Super Tiongkok pada tahun 2021 dan Piala FA Tiongkok pada tahun 2020, 2021 dan 2022, sementara ia adalah bagian dari skuad Belgia yang menempati posisi ketiga di Piala Dunia 2018.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi