Pemkab Tapsel Gelar Gerakan Pasar Murah

Pemkab Tapsel Gelar Gerakan Pasar Murah
Pemkab Tapsel Gelar Gerakan Pasar Murah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tantom Angkola - Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar Gerakan Pasar Murah (GPM) di Kecamatan Tano Tombangan Angkola (Tantom Angkola), Selasa (5/12).

GPM dilaksanakan di 2 titik lokasi yakni, Kelurahan Panabari dan Desa Ingul Jae. Hadir Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, Kadis Ketapang, Camat dan para Kades/Lurah se-Tantom Angkola serta Tokoh Agama dan Tokoh Adat.

Di kesempatan itu, Dolly mengajak seluruh masyarakat Tantom Angkola meramaikan GPM tersebut untuk menghemat pengeluaran dibalik kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Ayo sama-sama kita ramaikan pasar murah ini untuk menghemat biaya belanja dapur inang nami, semoga dengan apa yang kita gelar hari ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Tantom Angkola," katanya.

Tak lupa Dolly mendoakan agar perekonomian masyarakat semakin makmur, di balik Tantom yang kaya akan hasil alamnya seperti beras, buah kelapa, kopi serta macam buah-buahan lainnya.

"Tu maradu Ompung, Amang, dohot sude koum sisolkot na adong di Tantom Angkola on, semoga ekonominya semakin meningkat, sehat-sehat semua, dan sejahtera," ucapnya.

Kadis Ketapang Efrida Yanti Pakpahan menjelaskan tujuan diadakannya GPM ini untuk menstabilkan harga pangan menjelang natal dan tahun baru.

"GPM ini juga atas arahan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menstabilkan harga bahan pokok di tengah-tengah masyarakat," terangnya.

Efrida menambahkan, GPM diadakan di 3 (tiga) titik lokasi, "Diantaranya Kelurahan Panabari dan Pasar Ingul Jae (Tantom Angkola) pada hari ini, sementara di pasar Simataniari (Angkola Sangkunur) yang berlangsung hari Rabu (6/12)," ungkapnya.

Adapun GPM itu menjajakan seperti beras (Rp55.000/5kg) sedangkan di pasaran (Rp55.000/4Kg), minyak makan (Rp14.000/Kg) sedangkan di pasaran (Rp15.000/Kg), Gula Pasir (Rp16.000/Kg di pasaran (Rp18.000/Kg), Tepung merek Falcon (Rp13.000/Kg) di pasaran (Rp15.000-Rp16.000), Telur (Rp46.000/papan) dipasaran (Rp48.000/papan), mi lidi (Rp7.000/bungkus) di pasaran Rp8.000-Rp9.000).

Sementara stok yang disediakan panitia di setiap titik lokasi seperti Beras (150 karung), Minyak Makan (36 liter) telur (20 papan) Tepung (5Kg) (Gula (75Kg) Mi lidi (24 bungkus).

Masyarakat menyambut baik dengan digelarnya GPM tersebut, seperti Bersita Manurung ibu rumah tangga warga Desa Sisoma sangat bersyukur adanya GPM itu.

"Sangat membantu, sebab jauh beda seperti beras di pasaran Rp 55 ribu untuk 4 kilonya, sedangkan ini 5 kilo seharga Rp 55 ribu juga, selain itu ada gula, telur, tepung, minyak makan, mie lidi, murah menurut saya," ujarnya.

Maringan Harahap Kades Desa Ingul Jae mengucapkan, terimakasih atas pagelaran GPM tersebut karena sudah membantu masyarakatnya.

"Terima kasih pagelaran pasar murah ini, sangat membantu kami, teruntuk Bupati Dolly Pasaribu terimakasih atas diadakannya pasar murah di daerah kami, Semoga kedepan pagelaran seperti ini semakin sering diadakan dan lebih murah lagi," ucapnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi