9 Tips Anti Gagal Menabung di Rumah agar Tujuan Keuangan Lekas Tercapai

9 Tips Anti Gagal Menabung di Rumah agar Tujuan Keuangan Lekas Tercapai
Ilustrasi menabung (Pixabay)

Dianggap praktis dan bisa lebih mudah dilakukan, tidak sedikit orang yang cenderung melakukan aktivitas menabung sendiri di rumah. Caranya bisa dengan menyiapkan brankas khusus untuk menyimpan uang, ataupun dengan memindahkannya ke rekening keuangan. Terlepas dari bagaimana cara yang Anda pilih, menabung di rumah sejatinya cocok dipilih menyesuaikan kebutuhan dan tujuan keuangan.

Hanya saja, karena sejumlah hal, tidak sedikit orang yang kurang efektif dalam menabung sendiri di rumah sehingga berakhir gagal. Lantas, bagaimana cara untuk menyiasati hal tersebut? Tak perlu bingung, terapkan saja 9 tips anti gagal menabung di rumah berikut ini agar tujuan finansial lekas tercapai.

1. Pastikan Tujuan Menabung Telah Ditentukan

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin menabung di rumah adalah menentukan terlebih dulu tujuan yang ingin diraih. Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih termotivasi menyisihkan keuangan untuk ditabung.

Sebagai contoh, menabung dilakukan agar bisa menyiapkan budget liburan akhir tahun, uang DP rumah, membeli gadget baru, dan sebagainya. Saat memiliki tujuan keuangan yang spesifik tersebut, Anda akan lebih mampu mengelola finansial dan mengumpulkan uang.

2. Pahami Prioritas Pengeluaran dan Kebutuhan

Setelah menentukan tujuan, tips selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah memahami prioritas pengeluaran dan kebutuhan pokok rutin, baik itu harian, mingguan, maupun bulanan. Pasalnya, keberhasilan menabung secara garis besar ditentukan oleh pengelolaan finansial yang bijak.

Tentunya, alokasikan dulu penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pokok, misalnya, biaya makan harian, tagihan bulanan, dan cicilan utang jika ada. Jika semua pengeluaran tersebut telah terpenuhi, barulah Anda bisa mencari tahu berapa sisa dana yang bisa disisihkan untuk ditabung. Agar tak berisiko tergerus untuk membeli hal yang kurang penting, siapkan dana tabungan ini di awal setelah memenuhi segala kebutuhan utama.

3. Tumbuhkan Kebiasaan dengan Menabung Nominal Kecil

Meski termasuk sebagai salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang, tapi kenyataannya beberapa orang masih kesulitan membiasakan dirinya menabung dengan rutin. Untuk menyiasatinya, tumbuhkan dulu kebiasaan ini dengan menyisihkan nominal kecil untuk ditabung secara rutin dan konsisten. Barulah saat sudah mulai terbiasa, Anda bisa menambah alokasi dana untuk ditabung agar tujuan keuangan bisa lebih lekas tercapai.

4. Siapkan Rekening Tabungan Khusus

Kebanyakan orang mungkin masih menyiapkan satu rekening saja untuk memenuhi kebutuhan harian dan juga tabungan. Jika masih melakukan hal ini, risiko dana tabungan tergerus dan diambil untuk memenuhi kebutuhan menjadi begitu tinggi. Untuk itu, agar rencana menabung bisa berjalan dengan lancar, siapkan rekening tabungan khusus yang tak bercampur dengan anggaran belanja harian, contohnya adalah deposito atau reksa dana.

5. Alokasikan Tabungan ke Instrumen Reksa Dana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, reksa dana bisa dijadikan sebagai alternatif untuk lebih bijak mengumpulkan tabungan. Selain menjadi rekening khusus untuk menyimpan uang tabungan, reksa dana juga bisa menjadi sarana mendapatkan pendapatan pasif seiring berjalannya waktu. Terlebih, investasi di instrumen ini juga bisa dimulai dengan modal mulai dari 10 ribuan saja sehingga dapat dijangkau oleh hampir semua kalangan.

6. Pakai Tabungan Berbeda Tergantung Tujuan

Ketika mempunyai tujuan menabung spesifik, selanjutnya Anda bisa mengalokasikan dananya pada sejumlah tabungan berbeda tergantung kebutuhan. Misalnya, untuk tujuan jangka panjang, tak ada salahnya untuk menyimpan uang tabungan di instrumen investasi berisiko tinggi, seperti reksa dana saham.

Sementara untuk tujuan jangka pendek, pilih deposito atau reksa dana pasar uang untuk menyimpan uang tabungan. Hal ini dikarenakan setiap instrumen investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan investasi agar mampu meraih manfaatnya secara optimal.

7. Gunakan Sistem Autodebet

Agar lebih praktis membiasakan diri dalam menabung, gunakan saja sistem autodebet. Dengan fitur ini, dana tabungan akan secara otomatis disisihkan oleh sistem sesuai nominal yang ditentukan. Dengan begitu, tidak ada alasan lupa mengalokasikan dana yang mampu mengacaukan rencana menabung.

8. Disiplin dan Konsisten Menabung

Konsistensi merupakan kunci penting agar bisa menyukseskan kebiasaan menabung sesuai rencana. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa lebih disiplin dan konsisten dalam menabung. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan fitur autodebet atau menyisihkan dana tabungan di awal.

9. Ubah Dana Tabungan Menjadi Aset Riil

Tips yang terakhir, ubah dana tabungan menjadi aset riil, misalnya emas. Dengan melakukan hal ini, risiko dana diambil untuk memenuhi kebutuhan lain yang tak semestinya akan menjadi lebih kecil. Jadi, peluang rencana tabungan tercapai sesuai target akan menjadi lebih tinggi.

Cegah Risiko Tujuan Menabung Tak Tercapai dengan Menerapkan Tips yang Tepat

Itulah 9 tips yang bisa Anda terapkan untuk menyukseskan rencana menabung di rumah. Intinya, tentukan dulu tujuan menabung dan sesuaikan nominal tabungan dengan kondisi keuangan, serta alokasikan di produk keuangan yang tepat. Melalui konsistensi dan sikap disiplin, dijamin tujuan keuangan akan berhasil tercapai tepat waktu.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi