Sekda: Binjai Menjadi Kota Pangan Aman

Sekda: Binjai Menjadi Kota Pangan Aman
Sekretaris Daerah Kota Binjai, H Irwansyah Nasution, S.Sos, menandatangani Rencana Aksi Program Keamanan Pangan Tahun 2024, di Aula Pemko Binjai. (Analisadaily/Novi Dahlia)

Analisadaily.com, Binjai - Sekretaris Daerah Kota Binjai, H Irwansyah Nasution, S.Sos, membuka acara Monitoring dan Evaluasi Program Intervensi Keamanan Pangan Tahun 2023 Di Kota Binjai yang diselenggarakan oleh Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Medan bertempat di Aula Pemko Binjai, Senin (11/12).

Acara monitoring tersebut dirangkai juga dengan Penandatanganan Rencana Aksi Program Keamanan Pangan Tahun 2024, serta Penyerahan Sertifikat Kelurahan Pangan Aman dan Penyerahan Sertifikat Sekolah dengan PJAS (Pangan Jajanan Anak Sekolah) Aman.

Dalam sambutannya Sekda Kota Binjai menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala BBPOM Medan, Drs. Martin Suhendri, A.Pt. M Farm., beserta jajarannya atas komitmen penuhnya dalam memajukan keamanan pangan di Kota Binjai baik dari kelurahan, sekolah dan pasar.

Menurutnya program keamanan pangan ini tentu saja sangat penting karena jika ditemukan bahan berbahaya pada pangan alangkah bahayanya jika dikonsumsi.

Program ini perlu dilaksanakan mulai dari tingkat masyarakat sampai ke tingkat individu atau keluarga secara konsisten, sebab masyarakat berhak memperoleh pangan yang aman, bermutu dan bergizi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan kita ini, diharapkan sinergritas antara Pemko Binjai dengan BPOM tetap terjalin dengan baik dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan obat dan makanan serta mampu memberi perlindungan kepada masyarakat Kota Binjai”, tutur Sekda.

Dalam kesempatan ini dirinya juga mengajak seluruh pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam menciptakan pangan yang aman bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Binjai.

“Perkerjaan pengawasan ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh Pemerintah Kota Binjai namun perlu dukungan dari semua pihak dan stakeholder terkait”, ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Sekda Kota Binjai mengucapkan selamat kepada kelurahan dan sekolah-sekolah yang menerima sertifikat Kelurahan Pangan Aman dan sertifkat Sekolah dengan PJAS Aman.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Dr. Sugianto, Sp.OG, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Binjai Drs. H. Hamdani Hasibuan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Drs. Edi Mulia M, M.AP, Kepala Dinas ketahanan Pangan Ralasen Ginting, SP, Kepala Sekolah se-Kota Binjai , perwakilan Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Binjai.

(NOV/BR)

Baca Juga

Rekomendasi