Chandra Rambe: Vokasi Pendidikan Lebih Dibutuhkan Daripada Pendidikan Umum di Tabagsel

Chandra Rambe: Vokasi Pendidikan Lebih Dibutuhkan Daripada Pendidikan Umum di Tabagsel
Chandra Rambe (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pendidikan vokasi sangat penting untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing global khususnya di daerah Tabagsel.

Apalagi pendidikan vokasi ini berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas. Hal ini disampaikan Anggota Dewan Pakar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Utara, Chandra Rambe, Kamis (14/12).

Vokasi pendidikan ini tujuan utamanya membentuk tenaga kerja yang siap, cekatan dan terampil di dunia industri.

Apalagi lebih fokus pada keterampilan dan teknologi aplikatif. Sehingga dari lulusannya tercipta bibit-bibit yang berkualitas dan siap membangun negara serta daerahnya.

“Menurut saya, di daerah Tabagsel dan sekitarnya pendidikan vokasi ini lebih dibutuhkan daripada pendidikan umum, apalagi melihat perkembangan SDM didaerah-daerah Tabagsel yang sebagian rata-rata di bawah nasional,” kata Chandra yang saat ini Caleg PKS dari Sumut 7 eks Tabagsel.

Selain itu, bisa juga dilihat dari jumlah warga yang putus sekolah dengan alasan ingin melanjutkan kerja demi menyambung hidup. Maka dengan demikian vokasi pendidikan ini sangatlah penting untuk memasifkan vokasi pendidikan bersubsidi di Tabagsel untuk membantu para pemuda- pemudi daerah.

“Sehingga tumbuh menjadi generasi penerus yang dapat mengembangkan kampung halamannya,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi