RSUD Sibuhuan Raih Akreditasi Bintang Empat

RSUD Sibuhuan Raih Akreditasi Bintang Empat
dr. Afandi Siregar, Direktur RSUD Sibuhuan saat memimpin apel siang (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan menyandang predikat sebagai rumah sakit utama atau bintang empat, setelah rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) itu berdiri.

Pemberian status sebagai rumah sakit bintang empat itu diikeluarkan oleh tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pusat.

Dalam surat yang dikeluarkan KARS, yang berkantor di Jakarta tertanggal 31 Desember 2023, langsung ditandatangani Ketua Eksekutif Dr dr Sutoto M.Kes.

Dalam isi surat itu ditegaskan, RSUD Sibuhuan berdasarkan survei akreditasi dari tanggal 18, 19, dan 20 Desember 2023, RSUD Sibuhuan dinyatakan lulus sebagai rumah sakit tingkat utama atau bintang empat hingga 17 Desember 2027.

Direktur RSUD Sibuhuan, dr Afandi Siregar, ketika dijumpai di RSUD Sibuhuan, mengatakan, perolehan status RSUD Sibuhuan sebagai rumah sakit tingkat utama adalah berkat kerjasama tim yang ingin membenahi rumah sakit plat merah itu.

"Keberhasilan ini setelah enam bulan bekerja keras dan berbenah, adalah keberhasilan kita semua," kata Afandi, Rabu (17/1).

Menurut Affandi Siregar, setelah ia dipercayakan sebagai Direktur RSUD Sibuhuan 6 bulan lalu, ia bersama seluruh petugas dan tim medis RSUD Sibuhuan terus bekerja keras untuk berbenah.

Termasuk membenahi sarana dan prasarana kesehatan, pelayanan kesehatan, serta fasilitas pendukung pelayanan lainnya.

Bahkan kata Afandi yang juga ketua IDI Padanglawas ini, ia terpaksa dengan sabar menyadarkan para petugas untuk lebih disiplin, sehingga pelayanan bisa semakin baik.

Dalam meningkatkan disiplin pegawai dan para petugas medis wajib apel, yang bertugas pagi, siang dan yang bertugas malam.

"Memang saya tegas, semua harus satu visi jika ingin rumah sakit ini kita benahi," kata Afandi.

Sebelumnya, masih kata Afandi, sejak RSUD Sibuhuan berdiri, RSUD Sibuhuan statusnya masih akreditasi tingkat perdana, bintang satu. Tetapi setelah dilakukan pembenahan, baik dalam hal administrasi dan manajemen, juga meningkatkan pelayanan kesehatan, akhirnya bisa berhasil meraih akreditasi tingkat utama, bintang empat.

"Ini memang kerja berat, tapi kalau kita serius untuk membenahi insya Allah bisa memperoleh hasil yang baik," ungkapnya.

Menyangkut fasilitas pendukung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, diantaranya telah mempersiapkan ruang IGD yang dilengkapi laboratorium, dan dioperasikannya poli kejiwaan.

Plt. Kadis Kesehatan Palas, Amelia Roitona Nasution, membenarkan RSUD Sibuhuan telah berhasil meraih akreditasi Utama atau bintang empat dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Umum Sibuhuan.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi