Kini, Lebih 50 Hektare Sawah di Saba Tonga Kembali Bisa Dialiri

Kini, Lebih 50 Hektare Sawah di Saba Tonga Kembali Bisa Dialiri
Lebih 50 Hektare Sawah di Saba Tonga Kembali Bisa Dialiri (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Barumun - Sedikitnya 50 hektare sawah warga di saba tonga (sawah) di sekitar Desa Bulu Sonik hingga Paya Bango, Kecamatan Barumun, kembali bisa dialiri air setelah beberapa hari alat berat yang dikerahkan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Padanglawas Putra Mahkota Alam Hasibuan, di lokasi saba tonga.

Sekitar 50 hektare sawah di daerah itu sebelumnya tidak bisa dialiri lagi, akibat bendungan yang jebol dihantam Sungai Bulu Sonik saat banjir melanda beberapa lokasi di Padanglawas baru-baru ini.

Sahlan Nasution, warga Lingkungan IV, Kelurahan Pasar Sibuhuan, yang memiliki lahan sawah di sekitar Desa Bulu Sonik mengucapkan terima kasih kepada Putra Mahkota Alam Hasibuan atas bantuannya.

"Terima kasih banyak kami sampaikan kepada saudara Putra Mahkota atas bantuannya menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi," kata Sahlan, Rabu (17/1).

Sahlan mengatakan, akibat curah hujan tinggi menjelang akhir tahun 2023, memicu Sungai Bulu Sonik meluap dan menerjang tanggul atau bendungan sebagai sumber penopang air untuk dialirkan ke sawah warga di kawasan itu.

"Di daerah ini ada sekitar 50 hektare sawah masyarakat, akibat banjir kemarin sawah di daerah ini tidak bisa diairi lagi," katanya.

Sahlan juga mengatakan, sawah yang menjadi tempat mencari nafkah warga ini sudah bisa dialiri kembali setelah dinormalisasi.

"Sampai saat ini belum ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Padanglawas, baru bantuan saudara Putra Mahkota yang datang," katanya.

Sahlan mengungkapkan, jika tanggul atau bendungan tidak diperbaiki, nasib 50 hektare sawah warga di Bulu Sonik nyaris tidak bisa ditanami padi sawah lagi.

"Sekali lagi atas nama warga yang memiliki lahan sawah di Desa Bulu Sonik dan sekitarnya sangat berterima kasih kepada saudara Putra Mahkota atas bantuannya," tandas Sahlan.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi