Kendati Menjabat Tinggal Hitungan Hari Zarnawi Copot Tiga Camat Sekaligus

Kendati Menjabat Tinggal Hitungan Hari Zarnawi Copot Tiga Camat Sekaligus
Plt Bupati Padanglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam satu acara. Dipenghujung jabatannya masih sempat mencopot tiga camat sekaligus (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas - Meskipun sisa jabatannya tinggal hitungan hari, namun Ahmad Zarnawi Pasaribu sebagai Plt Bupati Padanglawas, masih terus melakukan pergantian pejabat.

Diketahui Ahmad Zarnawi akan berakhir masa jabatannya pada 12 Februari 2024. Malah undangan untuk pelantikan Penjabat Bupati Padanglawas menggantikan Ahmad Zarnawi yaitu Edy Junaedi sudah beredar yang akan dilantik 12 Februari di kantor Gubernur Sumatera Utara Medan.

Informasi diperoleh, pejabat yang dicopot tdak tanggung tanggung kali ini tiga camat sekaligus.

Tiga camat yang dicopot yaitu Plt Camat Barumun Fauzan Taufiq Daulay, Plt Camat Ulu Sosa Emsi Ermida Hasibuan, Plt Camat Barumun Tengah Sarwedi Hasibuan. Sedangkan Plt Camat Huristak Hazairin Hasibuan mengundurkan diri dengan alasan kesehatan.

Tidak jelas ketiga camat tersebut di copot. Namun berkembang rumor mereka dicopot diduga akibat ada arahan secara lisan dari pimpinan yang tidak diindahkan.

Namun kebenaran alasan.pencopotan tiga camat tersebut belum bisa dikonfirmasi secara langsung kepada Ahmad Zarnawi.
Fauzan Taufiq Daulay satu diantara camat yang dicopot, ketika dihubungi mengaku tidak tahu alasan pencopotannya Padahal ia sudah dua tahun menjabat Plt Camat Barumun dengan jabatan defenitip Sekcam Barumun.

Fauzan Daulay menduga ia dicopot lantaran berfoto dengan Bupati Padanglawas non aktif H Ali Sutan Harahap atau yang akrap dipanggil TSO (Tongku Sutan Oloan) usai rapat paripurna di gedung DPRD Padanglawas.

"Saya tidak tahu apa kesalahan saya, pencopotan juga secara mulut ke mulut," kata Fauzan.

Fauzan mengatakan selama dua tahun menjabat Plt, ia tidak pernah berbuat hal yang salah. Bahkan pada tahun 2024 ini Kecamatan Barumun meraih juara umum dalam kegiatan MTQN ke -15 tingkat Kabupaten Padanglawas di Kecamatan Ulu Sosa minggu lalu.

"Dua tahun saya menjabat Plt Camat sampai sekarang belum juga depenitif dan itu tidak pernah saya keluhkan," kata Fauzan.

Sedangkan Sarwedi Hasibuan Plt Camat Barumun Tengah ketika dihubungi juga mengaku heran pencopotannya.

" Gak tahu kita, tiba tiba diberi surat pencopotan," kata Sarwedi.

Sarwedi mengaku mendapat informasi pencopotan.dirinya pada Rabu (7/2). " Apa boleh buat kita terima kalau itu keputusan pimpinan,"" kata Sarwedi.

Terpisah Plt Kepala BKPSDM Irwan Halomoan Hasibuan saat dikonfirmasi membenarkan pencopotan tersebut. Disinggung alasan pencopotan Plt Camat Barumun, Irwan yang juga menjabat Staf Ahli Bupati mengaku hanya mengikuti perintah atasan (Plt Bupati).

"Iya benar sudah dicopot, kalau alasan pencopotan kami hanya menjalankan perintah Plt Bupati dalam hal administrasi," kata Irwan.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi