Aceh Selatan Targetkan Penurunan Stunting Hingga 20 Persen

Aceh Selatan Targetkan Penurunan Stunting Hingga 20 Persen
Aceh Selatan Targetkan Penurunan Stunting. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Aceh Selatan - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh menargetkan penurunan angka stunting di daerahnya hingga 20 persen pada 2024.

Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan Jumat mengatakan, angka stunting masih relatif tinggi pada kabupaten yang terletak di pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

"Pemerintah daerah menargetkan angka stunting turun hingga 20 persen pada 2024. Karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat bekerja keras mencapai target tersebut," kata Cut Syazalisma.

Sebelumnya, Pj Bupati Aceh Selatan itu menyebutkan berdasarkan data survei studi status gizi oleh Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa prevalensi balita stunting di Kabupaten Aceh Selatan mencapai 34,8 persen.

Sedangkan berdasarkan data pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat periode Mei 2023, ada dua kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan dengan angka prevalensi stunting tertinggi.

Kedua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kluet Utara sebesar 41,6 persen, dan Kecamatan Samadua sebesar 32,2 persen.
"Pemerintah daerah terus berupaya menurunkan angka stunting dengan berbagai upaya, termasuk meningkatkan kerja sama lintas sektoral, sehingga target penurunan angka stunting tersebut dapat tercapai," kata Cut Syazalisma dilansir dari Antara.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Selatan Masrizal mengatakan, pihaknya terus membangun koordinasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan program penurunan stunting itu.

Program penurunan stunting ini harus dilakukan hingga ke tingkat desa. Karena itu, diperlukan komitmen dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa dalam menangani stunting.

"Kerja sama para pihak tersebut merupakan kunci keberhasilan program penurunan stunting di Kabupaten Aceh Selatan, sehingga target 20 persen pada tahun ini dapat tercapai," kata Masrizal.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi