Menparekraf Paparkan Pengembangan Parekraf Berkelanjutan Indonesia di India

Menparekraf Paparkan Pengembangan Parekraf Berkelanjutan Indonesia di India
Pengembangan Parekraf Berkelanjutan Indonesia di India. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, New Delhi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan upaya pengembangan sektor Parekraf Indonesia yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan dalam forum Raisina Dialogue 2024 di New Delhi, India, Kamis (22/2).

Menparekraf mengatakan, pengembangan Parekraf berkelanjutan ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Adapun beberapa poin keselarasan pengembangan Parekraf berkelanjutan tersebut dengan SDGs adalah dalam hal pemajuan keberlanjutan, pengembangan ekonomi, penguatan kemitraan dan kolaborasi, pelestarian tradisi dan budaya lokal, penguatan kesadaran sosial dan lingkungan, serta pengembangan inovasi berkelanjutan.

"Dengan berpegang teguh terhadap SDGs, diharapkan mampu mendorong berbagai inovasi dalam industri pariwisata sehingga akan memunculkan pengembangan teknologi, praktik, dan model bisnis yang berkelanjutan," kata Sandiaga.

Selain itu, dengan pengembangan Parekraf yang berkelanjutan, lanjut Sandiaga, dapat membentuk ekosistem industri Parekraf yang kompetitif, menarik kedatangan wisatawan yang sadar akan pentingnya keberlanjutan lingkungan, dan berkontribusi terhadap upaya global dalam membentuk masa depan yang ramah alam.

"Indonesia tengah membangun pariwisata ke arah pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan melalui Sustainable Tourism Development (STDev) dengan inisiatif utama yaitu Sustainable Tourism Destination (STD), Sustainable Tourism Observatory (STO), Sustainable Tourism Certification (STC), Sustainable Tourism Industry (STI), Sustainable and Responsible Marketing (SRM), dan Sustainable Tourism Management (STM)," katanya.

Menparekraf menambahkan, salah satu langkah utama konkret yang dilakukan Indonesia dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan adalah dengan melakukan dekarbonisasi pariwisata. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah penggunaan transportasi ramah lingkungan di destinasi wisata, efisiensi pemanfaatan energi baru dan terbarukan, pemanfaatan teknologi, dan carbon offsetting.

"Pengembangan Parekraf berkelanjutan menjadi landasan kami dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang ke depan kami harapkan mampu mengembangkan industri Parekraf Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan. Saya yakin Parekraf yang berkelanjutan tidak hanya bisa membangkitkan perekonomian, namun juga ramah terhadap lingkungan, sosial, dan budaya," ujar Sandiaga.

Acara ini dibuka oleh Menteri Luar Negeri India, Vinay Mohan Kwatra pada Rabu (21/2/2024).

Dalam kegiatan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizky Handayani.

(TRY/BR)

Baca Juga

Rekomendasi