USU dan University of Melbourne Australia Jalankan Exchange Program

USU dan University of Melbourne Australia Jalankan Exchange Program
USU dan University of Melbourne Australia sepakat jalankan Exchange Program. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Australia - Universitas Sumatera Utara (USU) menjalin kolaborasi dengan University of Melbourne di Australia untuk membahas student exchange dan staf mobility. Kolaborasi dengan University of Melbourne ini sendiri akan menjadi yang pertama bagi USU.

Dalam kunjungannya ke University of Melbourne, Rektor USU Prof. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., mengatakan program pertukaran dosen dan mahasiswa dari USU ke University of Melbourne dan sebaliknya akan dimulai tahun ini.

“USU akan menetapkan persyaratan mahasiswa untuk belajar 1 semester di UniMelb dan bagi dosen dipersiapkan meningkatkan metode pembelajaran kolaboratif/studi kasus. Selain itu, UniMelb juga akan mengirim dosen dan mahasiswa ke USU untuk mendalami tema multikulturalisme, kesehatan tropis, pediatric, dan mangrove,” ujar Prof Mury, Jumat (8/3/2024) di sela kunjungannya ke Australia.

Prof Mury juga menjelaskan, USU dan UniMelb akan memulainya dari exchange program, setelah antardosen dan peneliti punya komitmen yang kuat maka mereka bisa melakukan riset/publikasi bersama. "Kami juga membahas potensi penyelenggaraan joint/double degree setelah terbentuk academic sphare di antara kedua kampus,” ujarnya.

Ass Deputy Vice-Chancellor International University of Mellbourne Prof. Vedi menyambut baik kolaborasi dengan USU dan menilai bahwa kerja sama yang akan dilakukan akan sangat baik bagi kedua universitas sebab University of Mellbourne sendiri saat ini tengah menjadi international-cosmopolitan university.

“University of Mellbourne juga terus berkomitmen membangun program studi khususnya untuk mahasiswa internasional yang memiliki latar budaya yang berbeda. Karenanya, University of Mellobourne sangat terbuka untuk mulai bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara,” tegasnya.

University of Mellbourne juga tertarik untuk kerja sama di bidang kesehatan tropis dan penelitian hutan mangrove seperti yang telah dijelaskan Rektor USU karena dua tema itu, menjadi bidang kajian prioritas yang saat ini tengah dikembangkan. Prof. Vedi Hadiz juga menyatakan akan mengirimkan mahasiswa UniMelb datang ke USU. Karena itu, pembahasan teknis seluruh persyaratan akan dilakukan antara Mis Julie Fam (Manager International Partnerships UniMelb) dengan tim dari USU.

“Kami juga akan sangat terbuka menerima undangan dari Universitas Sumatera Utara untuk menjadi dosen tamu atau pembicara utama dalam seminar-seminar yang diadakan oleh Universitas Sumatera Utara," ujar Prof. Vedi Hadiz.

Sebelum berkunjung ke University of Melbourne, delegasi USU menghadiri konferensi dan eksibisi pendidikan Asia Pacific Association for International Education (APAIE) di Perth, Asutralia yang digelar mulai 4-8 Maret 2024. Selama pameran, USU telah menawarkan program EQUITY ke beberapa kampus di kawasan APAIE.

Prof Mury mengatakan, semoga upaya ini memberikan dampak positif meningkatkan layanan pendidikan di USU dengan standar internasional.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi