Pemkab Tapsel Tabur Ratusan Ribu Benih Ikan Bantuan Pemprovsu

Pemkab Tapsel Tabur Ratusan Ribu Benih Ikan Bantuan Pemprovsu
Sekda Tapsel Sopyan bersama Dinas Perikanan Provsu dan Forpimcam menebar bibit ikan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapsel - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menabur ratusan ribu benih ikan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Desa Muara Purba Nauli dan Desa Sori Manaon Kecamatan Angkola Muaratais, Jumat, (22/4).

Hadir dalam acara itu, Sekda Tapsel Sopyan Adil Siregar, Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara (ProvSU), Jenni Masniari, S.Pi, Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution, Forkopimcam, para Kepala Desa, Tokoh Adat dan Masyarakar.

Dalam kesempatan itu, Sekda Sopyan mengucapkan terimakasih atas perhatian Provsu kepada Tapsel.

Selain itu, Sopyan meminta agar masyarakat dapat menjaga kelestarian perairan yang sudah di tebar benih ikan.

"Kepada kelompok pengawas masyarakat, agar serius menyambut bantuan ini, termasuk pengamanan dan perawatan area sungai untuk keberlanjutan ketersediaan ikan nantinya,"ujarnya

Menurutnya, adanya bantuan ini dapat membantu ekonomi masyarakat terlebih , Angkola Muaratais dijadikan sebagai swasembada ikan air tawar

"Semoga nantinya dapat memberi peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk membantu anak yatim, fakir miskin dan Duafa, " pintanya.

Sementara Kabid Perikanan Tangkap ProvSU, Jenni Masniari, S.Pi mengatakan, pemberian bantuan itu sebagai wujud komitmen untuk membantu ketersediaan ikan di daerah.

"Ini adalah bentuk komitmen kami dalam mewujudkan permintaan atau usulan dari daerah- untuk pemenuhan ikan, dan pada Pak Kadis Perikanan Tapsel, kami informasikan tahun depan akan ada program kampung nelayan dan kampung budidaya, silahkan ajukan proposalnya,"ucapnya.

Kadis Perikanan Tapsel, Saiful AP Nasution, menyebutkan, kegiatan penebaran bibit ikan di perairan umum atau disebut Restocking merupakan tindak lanjut dari penyerahan Bantuan oleh Pj. Gubernur Sumut, di Mess ProvSU Sipirok beberapa waktu lalu

"Kita dapat bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan ProvSU berupa benih ikan jenis Nila sebanyak 290.000 ekor, yang nantinya akan kita sebar di dua lokasi yakni, Desa Muara Purba Nauli, dan Desa Sori Manaon ini,"sebutnya

Dijelaskan, tujuan Restocking itu, sebagai upaya penambahan (stok) ketersediaan ikan yang ditebar perairan umum, sungai ataupun irigasi

"Disamping itu, kita berharap adanya penebaran bibit ikan di perairan umum ini, nantinya, mampu menjaga kelestarian sumber daya hayati,"tutupnya.

Mewakili masyarakat setempat, Camat Angkola Muaratais, Aswid Parmonangan Dalimunthe, memgucapkan terimakasih kepada Pemkab Tapsel, dan Pem-ProvSU,.

"Atas nama Masyarakat kami ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati Dolly Pasaribu, Pak Kadis Perikanan Tapsel, demikian juga Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi, sehingganya bantuan bibit ikan ini dapat ditebar di wilayah kami ini,"ujarnya.

Acara dirangkai penebaran benih ikan oleh Sekda Tapsel Sopyan mewakili Bupati Dolly Pasaribu. bersama Dinas Perikanan Provsu dan Forpimcam.

(HIH/BR)

Baca Juga

Rekomendasi