Kawasan Pegunungan di Sumatera Utara Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Kawasan Pegunungan di Sumatera Utara Berpotensi Diguyur Hujan Lebat
Ilustrasi - Dua orang pesepeda menembus hujan lebat di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/aa)

Analisadaily.com, Medan - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam dua hari ke depan kawasan pegunungan dan Lereng Barat serta Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Prakirawan BBMKG wilayah 1 Medan, Utami Al Khairiyah, mengatakan dua hari ke depan kawasan pegunungan, Pantai Barat dan Lereng Barat Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai, karena hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang tersebut berpotensi dapat menyebabkan
banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Utami dilansir dari Antara, Minggu (24/3).

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sejumlah wilayah, terutama di Nias Utara, Gunung Sitoli, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas Lebat di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Samosir, Toba, Asahan, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 17 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Timur Laut - Timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi