Perancang Busana Medan, Yuni Pohan Tampilkan Karyanya di IFW 2024

Perancang Busana Medan, Yuni Pohan Tampilkan Karyanya di IFW 2024
Perancang Busana Medan, Yuni Pohan Tampilkan Karyanya di IFW 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Perancang busana Medan, Yuni Pohan menampilkan sejumlah karyanya dalam acara Indonesian fashion Week (IFW) 2024 di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC) pada 27 Maret 2024 lalu.

Ini kali ke empat Yuni Pohan yang berasal dari Padangsidimpuan dan dikenal sebagai owner Yapmode Fashion School mengikuti fashion show bergengsi tersebut dengan brand ready tonwear terbarunya “YUNI POHAN”.

Di IFW 2024 kali ini,Yuni Pohan mendapat dukungan dari Asuransi Sinar Mas melalui Rumah Kreatif Sinar Mas, dengan brand Humbang Kriya.

"Ada beberapa kerajinan kami angkat selama ini seperti Sibori, batik dan tenun. Kali ini saya berkolaborasi mengangkat batik dari Humbang Kriya yang diproduksi di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut," jelas Yuni Pohan usai pergelaran hasil rancangannya.

Adapun motif batiknya mencakup kopi, bunga, ikan, rumah Batak, dan pedang Sisingamangaraja. Yuni menjelaskan, pakaian batik yang dipamerkannya di IFW 2024 rupakan batik tulis yang diberi sentuhan prada dengan penggunaan pewarna alam didominasi warna pastel sehingga menguatkan kesan ke warna alami seperti coklat, nude, sage.

Sedangkan tema desain yang dipilih Yuni Pohan untuk rancangannya adalah Parumaen, yang artinya menantu perempuan dalam bahasa Batak dan style busana Pachucos 1930 berasal dari Amerika dengan look yang chic dan edge.

Yuni Pohan memamerkan 12 baju dan menampilkan 10 karya siswa siswa terbaiknya dari Yapmode Fashion School dalam IFW 2024. Kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah undangan penting antara lain istri Pj Gubernur Sumut Hasanuddin, istri Bupati Humbahas, Penasihat APPMI Sumut Bunda Indah, Ketua APPMI Poppy Dharsono yang juga President Indonesia Fashion Week.

Selain itu, di barisan undangan tampak artis Ozy Syaputra, Lea Simanjuntak, Miss World Indonesia 2023, Pricilia Carla Yules. Hadir juga Putri Indonesia Sumut 2024 Nabiqah Pasaribu sebagai muse.

Menanggapi keikutsertaannya selama empat kali dalam ajang IFW, Yuni Pohan yang juga Ketua APPMI Sumut mengatakan IFW salah satu media promo meningkatkan brand dan kolaborasi dengan para pengrajin Sumut.

Tujuannya memperkenalkan beberapa wastra di Sumut, selain diharapkan menjadi salah satu sumber ekonomi pendapatan di daerah tersebut.

(HEN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi