Sejumlah Harga Kebutuhan Pangan Masyarakat Bergerak Naik Jelang Idulfitri

Sejumlah Harga Kebutuhan Pangan Masyarakat Bergerak Naik Jelang Idulfitri
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di akhir pekan (H-3) terpantau bergerak naik dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok, Gunawan Benjamin mengatakan, harga daging ayam yang terpantau bergerak naik dikisaran Rp 34 ribu hingga Rp 37 ribu per Kg, dan terpantau mulai mengalai kenaikan pada Kamis (4/4) di Kota Medan dan sekitarnya. Sementara itu, harga telur ayam juga terpantau naik Rp 50 hingga 100 rupiah per butirnya.

Harga daging sapi yang terpantau bergerak stabil dikisaran Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per Kg juga sedikit bergerak naik dalam rentang Rp 125 ribu hingga Rp 135 ribu per Kg. Selanjutnya harga bawang merah sedikit terkoreksi dari kisaran Rp 38 ribu hingga Rp 43 ribu per Kg, dari posisi sebelumnnya dikisaran Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per Kg-nya.

“Sementara harga bawang putih terpantau stabil dikisaran Rp 40 ribuan per Kg di Kota Medan dan sekitarnya,” kata Gunawan, Minggu (7/4).

Untuk komoditas pangan lainnya, seperti minyak goreng dan gula pasir juga terpantau bergerak stabil dikisaran angka Rp 16 ribu hingga Rp 16.500 per Kg, untuk minyak goreng curah dan gula pasir terpantau masih bergerak dalam rentang Rp 17.500 hingga Rp 18 ribu per Kg-nya.

“Harga beras juga terpantau bergerak stabil dengan kecenderungan turun. Harga beras saat ini ditransaksikan dikisaran angka Rp 13.500 hingga Rp 14.500 per Kg-nya,” terang Gunawan.

Sementara itu, untuk harga komoditas pangan hortikultura seperti cabai merah mengalami kenaikan dikisaran RP 45 ribu hingga Rp 50 ribu per Kg. Demikian halnya juga dengan cabai rawit yang turut mengalami kenaikan dikisaran Rp 45 ribu per Kg-nya.

“Gerak harga komoditas cabai ini lebih volatile dbandingkan dengan harga yang lainnya,” sebut Gunawan.

Namun diperkirakan kenaikan harga komoditas tersebut hanya berlangsung sesaat. Sejumlah harga kebutuan pangan masyarakat diproyeksikan akan berada dalam rentang pergerakan yang cukup stabil, setidaknya hingga perayaan Idulfitri selesai, atau memasuki pekan ketiga bulan ini.

“Demand atau permintaan menjadi salah satu pemicu kenaikan harga yang terjadi jelang Idulfitri. Hampir semua komoditas pangan strategis memiliki peluang untuk turun nantinya. Kecuali untuk komoditas minyak goreng dan gula pasir,” pungkasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi