Harga Cabai Merah Turun Lagi Selama Lebaran, Harga Daging Ayam Naik

Harga Cabai Merah Turun Lagi Selama Lebaran, Harga Daging Ayam Naik
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Selama perayaan Idulfitri (Rabu (10/4) – Kamis (11/4)), terpantau harga daging ayam mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp 40 ribuan per Kg.

Sementara untuk harga cabai merah mengalami penurunan dalam rentang Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per Kg-nya.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok, Gunawan Benjamin, Jumat (12/4) mengatakan, penurunan harga cabai merah dipengaruhi oleh persediaan yang mengalami peningkatan, seiring dengan langkah petani yang memanen lebih awal tanamannya untuk mengantisipasi libur panjang Idulfitri.

“Dan untuk harga daging ayam yang naik tajam selama Lebaran, dipengaruhi oleh tingginya demand atau permintaan,” ucapnya.

Selain daging ayam, pada dasarnya sejumlah pasokan untuk sayur mayur juga mengalami penurunan. Yang mengakibatkan harga sayur mayur bergerak liar dan bisa mengalami kenaikan hingga 2 atau 3 kali lipat dibandingkan dengan hari normal.

Seperti harga kacang panjang yang mencapai Rp 20 ribu per Kg-nya. Padahal di hari normal dijual dikisaran Rp 5 ribu hingga Rp 6 ribu per Kg-nya.

“Saya menilai volatilitas ini wajar dan diproyeksikan hanya akan berlangsung sesaat. Sementara itu, sekalipun harga cabai merah mengalami penurunan, namun harga cabai rawit justru masih bertahan di kisaran Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per Kg selama Lebaran,” sebut Gunawan.

Selama ini, pasokan cabai rawit banyak bergantung dari pasokan dari wilayah aceh tengah. Sehingga dari sisi pasokan akan sangat terpengaruh dengan perayaan Lebaran. Mengingat petani di Aceh Tengah juga merayakan Idulfitri.

Selain itu, sejumlah harga kebutuhan pangan strategis lainnya seperti bawang merah dan bawang putih terpantau relatif stabil dengan kecenderungan naik. Keduanya ditransaksikan dalam rentang Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per Kg.

Untuk komoditas lain seperti telur ayam, gula pasir, minyak goreng, dan beras terpantau stabil. Harga daging sapi yang sempat mengalami kenaikan jelang Idulfitri, harganya relatif masih bertahan dengan kecenderungan mengalami penurunan, berada dalam rentang Rp 125 ribu hingga Rp 145 ribu per Kg-nya.

Diungkapkan Gunawan, secara keseluruhan volatilitas harga terpantau cukup wajar di wilayah Kota Medan dan sekitarnya. Harga pangan strategis di pekan ini belum menemukan titik keseimbangan yang sebenarnya.

“Pasar belum sepenuhnya berada dalam kondisi normal. Pasar akan kembali normal pada pekan depan atau di pekan keempat nantinya,” pungkasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi