Pastikan Penerbangan Haji Aman, Otban Wilayah II Medan Terjunkan 140 Pengawas

Pastikan Penerbangan Haji Aman, Otban Wilayah II Medan Terjunkan 140 Pengawas
Pastikan Penerbangan Haji Aman, Otban Wilayah II Medan Terjunkan 140 Pengawas (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batam - Dalam menyambut Penerbangan Haji Tahun 2024 M/1445 Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan, Sokhib Al Rokhman, menyampaikan kegiatan ibadah haji merupakan momentum sukacita yang menandakan sebuah perjalanan spiritual yang amat sakral bagi umat Islam di seluruh dunia.

Sehingga para penyelenggara transportasi udara, dinilai perlu untuk mengambil peran tanggung jawab guna memastikan perjalanan selama musim Haji ini dapat berjalan lancar, tertib, aman, nyaman, dan ramah bagi para jamaah.

“Berdasarkan informasi dari Kementerian Agama, jumlah jamaah haji yang akan diangkut pada kegiatan Angkutan Udara Haji Tahun 1445H / 2024 M adalah sebanyak 216.065 jiwa, yang terbagi dalam 554 kloter. (PT. Garuda Indonesia, 109.072 jamaah (294 kloter), Saudi Arabian Airlines: 106.993 (260 kloter). Perjalanan haji tahun ini akan berlangsung dalam 2 gelombang. Gelombang 1 keberangkatan Jamaah Haji direncanakan pada tanggal 12-23 Mei 2023, gelombang 2 yaitu pada tanggal 24 Mei-10 Juni 2024, sementara gelombang 1 kepulangan direncanakan pada tanggal 23 Juni-3 Juli 2024 dan gelombang 2 yaitu pada tanggal 4-21 Juli 2024,” kata Sokhib Al Rokhman dalam rapat pada Jumat, (10/5) membahas persiapan penyelenggaraan Penerbangan Haji tahun 2024 M/1445 H Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

Tercatat juga jumlah jamaah lanjut usia yang lunas lebih dari 45 Ribu dan 30 % dari total Jamaah haji tahun ini adalah lansia dan Tagline Haji Tahun ini “RAMAH LANSIA”. Untuk Embarkasi-Debarkasi, Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, jumlah jamaah Haji yang akan berangkat ke Tanah Suci pada musim Haji 1445 H tercatat sebanyak 12.298 calon jamaah Haji yang terbagi dalam 28 kloter.

Sebagai informasi tambahan, Angkutan Udara Haji merupakan angkutan udara niaga tidak berjadwal dengan skema charter/sewa oleh Kementerian Agama dengan maskapai yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan Angkutan Udara Haji. Maskapai Penerbangan Saudi Arabian Arilines telah ditunjuk untuk melayani Embarkasi Batam dengan Type A/C 747-400 dengan Hajj Seat Capacity sebanyak 450 tempat duduk.

Jemaah Provinsi Riau untuk Embarkasi Batam sebanyak 5.220 calon jamaah haji yang terbagi dalam 12 Kloter. Saat ini Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II - Pekanbaru tidak lagi menjadi Bandar Udara Embarkasi.

Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan menegaskan kembali mengenai pentingnya salah satu tugas Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan dalam melakukan pengawasan dan memastikan kesiapan bandar udara di wilayah kerja secara keseluruhan termasuk peralatan dan personel serta prosedur pemeriksaan orang, pemeriksaan bagasi tercatat dan pemeriksaan barang bawaan kabin pesawat di Asrama Haji Embarkasi dalam pelaksanaan kegiatan Angkutan Udara Haji Reguler Indonesia.

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan menugaskan para Inspektur Penerbangan (Inspektur Angkutan Udara, Inspektur Keamanan Penerbangan, Inspektur Kelaikudaraan dan pengoperasian Pesawat Udara dan Inspektur Bandar Udara sebanyak total 140 Personel untuk melakukan pengawasan selama musim Haji tahun 2024 M/1445 H, salah satunya untuk pengawasan selama waktu Technical Landing berlangsung.

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II – Medan juga terus menghimbau Maskapai Penerbangan yang melayani Angkutan Udara Haji untuk selalu memperhatikan pemenuhan ketentuan keamanan dan keselamatan penerbangan serta standar pelayanan Angkutan Udara Haji, khususnya jamaah lanjut usia yang perlu penanganan khusus prioritas dan disabilitas saat di bandara.

“Kita semua menyadari bahwa tanggung jawab kita bukanlah hal yang ringan, namun dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, kami yakin kita akan berhasil menjalankan tugas kita dengan baik. Marilah kita menjaga semangat kolaboratif ini selama musim Angkutan Udara Haji tahun 2024M/1445H, dan bersama-sama memastikan keselamatan, kenyamanan, dan standar pelayanan para jamaah Haji,” ucap Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan di akhir imbauannya.

Berdasarkan jadwal Keberangkatan Haji dari Kementerian Agama, keberangkatan Haji Kloter I dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, telah dijadwalkan akan diberangkatkan pada tanggal 12 Mei 2024 pukul 06.59 waktu setempat. Bandara Internasional Hang Nadim merupakan salah satu Bandara Wilayah Kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II-Medan.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi