75 Tahun Hubungan Diplomatik

AS-Indonesia, Komitmen Bangun Demokrasi, Keberagaman dan Kemakmuran Bersama

AS-Indonesia, Komitmen Bangun Demokrasi, Keberagaman dan Kemakmuran Bersama
Wakil Konsul AS untuk Sumatra, Kristy Mordhorst (kiri) bersama perwakilan Kementerian Luar Negeri Indonesia, Muhammad Benyamin Abiyoga dan Wakil Rektor III UMSU, Prof. Dr. Rudianto (tengah) di kampus UMSU, Kamis (16/5) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Misi Amerika Serikat (AS) bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia meluncurkan babak baru perayaan 75 tahun hubungan AS-Indonesia dengan acara “Diplomats Go to Campus” di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Sumatera Utara (USU) pada pertengahan Mei 2024 kemarin.

Kegiatan bilateral sepanjang 2024, di bawah bendera “Keberagaman, Demokrasi, Kemakmuran,” merayakan ikatan abadi antara Amerika Serikat dan Indonesia untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam mengenai nilai-nilai dan aspirasi bersama.

“Adalah suatu kehormatan dapat merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia. Momen bersejarah persahabatan antara dua negara ini menggarisbawahi komitmen kita untuk membangun demokrasi, keberagaman dan kemakmuran bersama,” kata Konsul AS untuk Sumatera Bernard C Uadan.

Di kedua kampus, Wakil Konsul AS untuk Sumatra, Kristy Mordhorst dan Muhammad Benyamin Abiyoga dari Kementerian Luar Negeri Indonesia berbagi pengalaman mejadi diplomat dan menjawab pertanyaan mengenai berbagai area kerjasama antara kedua negara.

Wakil Konsul AS untuk Sumatra Kristy Mordhorst bersama Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Muriyanto Amin di Kampus USU, Jumat (17/5)
Rangkaian acara “Diplomats Go to Campus” mewujudkan semangat diplomasi antar masyarakat, menghadirkan diplomat dari Misi AS untuk Indonesia dan Kementerian Luar Negeri RI ke kampus-kampus di seluruh Indonesia, mendorong dialog, keterlibatan, dan kolaborasi dengan para calon pemimpin masa depan.

Acara perdana diadakan di Universitas Airlangga di Surabaya pada 24 April, dan Universitas Muhammadiyah Malang pada 25 April. Dilanjutkan dengan Universitas Hasanuddin Makassar pada 29 April, Universitas Muhammadiyah Makassar pada 30 April, dan Pontianak pada 16 Mei.

Sebelumnya di tanggal 2 Mei, kantor EducationUSA diresmikan di kampus UMSU Medan. Adviser EducationUSA akan memberikan panduan yang komprehensif dan obyektif ke para siswa dan khalayak umum di Sumatra yang ingin melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Seperti kantor-kantor EducationUSA yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, kantor ini terbuka untuk umum dan menawarkan konsultasi gratis.

Dalam acara “Diplomats Go to Campus” pertama yang diadakan di Surabaya, sebuah lomba foto bertajuk “Elevated Partnership: A Glimpse into 75 Years of U.S.-Indonesia Partnership,” juga diluncurkan.

Dalam kontes yang berlangsung hingga 31 Agustus 2024 ini, Masyarakat Indonesia dan Amerika Serikat bisa mengirimkan foto-foto baru atau lama yang menggambarkan semangat persahabatan AS-Indonesia, yang bersama-sama membentuk sejarah, budaya, dan jalinan persahabatan kedua bangsa.

Mereka yang berminat mengikuti kontes ini dapat mengirimkan maksimal tiga foto melalui Instagram dengan menggunakan tagar #IndonesiaUSA75 dan menyebut/menandai @usembassyjkt dan @kemlu_RI.

Perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Amerika dan Indonesia telah diluncurkan pada 6 Maret di @america, pusat kebudayaan Amerika di Jakarta untuk merayakan kemitraan kedua negara di berbagai sektor, termasuk keamanan, ekonomi, pendidikan, iklim, dan hubungan antarmasyarakat.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi