KPU Palas Didemo Terkait Dugaan Pungli Rekrutmen PPK dan PPS

KPU Palas Didemo Terkait Dugaan Pungli Rekrutmen PPK dan PPS
KPU Palas Didemo Terkait Dugaan Pungli Rekrutmen PPK dan PPS (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padanglawas - Dituding melakukan transaksional dan pungutan liar dalam perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara ( PPS), puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Padanglawas melakukan aksi unjuk rasa di Kantor KPU, Jalan Listrik, Lingkungan VI, Pasar Sibuhuan, Kamis (30/5).

“Di mana lima komisioner KPU Palas, kenapa setiap kali kami aksi tidak ada satupun komisioner yang menanggapi dengan alasan yang sama, tugas luar dan tugas luar,” kata Koordinator Aksi, Syukur Harahap kesal.

Mahasiswa menilai perilaku lima komisioner KPU Palas telah menciderai demokrasi di Indonesia, utamanya di Palas. Sebab, dinilai tidak lagi sesuai visi misi KPU yang profesional, berintegritas, transparan, dan akuntabel.

“Kenapa lima komisioner selalu pergi tugas keluar kota bersama-sama. Kalau benar tugas luar kota, mana bukti surat tugasnya,” desak mahasiswa.

Aksi mahasiswa tersebut sempat menegang dan terlibat aksi saling dorong dengan petugas kepolisian dan Satpol PP.

Massa yang meminta dan mendesak kehadiran lima komisioner KPU Palas untuk menanggapi dugaan pungli PPK dan PPS yang telah meresahkan di tengah-tengah masyarakat Palas.

Dalam selebaran tuntutan aksi mahasiswa, HIMMAH Palas meminta KPU memberikan dokumen berupa mekanisme dan indikator penilaian peserta calon PPK dan dokumen soal ujian serta daftar nilai peserta calon PPS Pilkada Palas 2024.

Kemudian, meminta komisioner segera mengklarifikasi dugaan korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) dalam rekrutmen PPK dan PPS Pilkada Palas 2024.

“Mohon maaf, ketua bersama dua komisioner sedang tugas luar kota begitu juga dua komisioner lain juga tengah tugas di luar. Sehingga belum bisa menanggapi langsung tuntutan mahasiswa,” ucap Kasubbag KPU Palas, Romi, saat menerima pengunjuk rasa.

Namun, Romi mengatakan, setelah berupaya menghubungi salah satu komisioner yang tugas luar itu, telah menyatakan siap hadir menjumpai dan menanggapi aspirasi pengunjuk rasa sekitar pukul 14.00 WIB.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi