DP4 Dairi 230 Ribu Lebih

DP4 Dairi 230 Ribu Lebih
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Asih Firmansyah Solin, Ridwan Samosir dan Rono Anto Sinaga (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilhan (DPS) untuk Pilgubsu dan Pilkada Kabupaten Dairi tercatat sebanyak 230.581 orang. Data tersebut terbagi dalam 92.585 Kepala Keluarga (KK). Dokumen dimaksud diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Angka tersebut meningkat dibanding Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres dan Pileg Februari lalu di angka 227.220 jiwa.

Demikian disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Asih Firmansyah Solin, Ridwan Samosir dan Rono Anto Sinaga kepada wartawan di Sidikalang, Selasa (25/6).

“Pertambahan angka disebabkan sejumlah warga telah mencapai umur 17 tahun,” kata Asih.

Asih menerangkan, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap DP4. Yakni mendatangi rumah penduduk sesuai KTP dan kartu keluarga (KK).

“Kemarin, 912 personel Pantarlih sudah dilantik di desa. Mereka akan melakukan coklit hingga 21 Juli mendatang,” ujar Ridwan.

Diakui, tugas Pantarlih amat berat. Harus mendatangi semua penduduk sesuai KTP atau KK, sementara upah yang diterima tidak seberapa.

Rono menambahkan, pada pelaksanaan Pilgubsu dan Pilkada Dairi, tempat pemungutan suara (TPS) diputuskan sebanyak 535 titik. 1 TPS maksimal 600 pemilih.

“Pemilih dalam 1 keluarga, memilih pada 1 TPS. Tidak boleh pencar,” tandas Rono.

Ketiganya komisioner menandaskan, perlu dukungan semua pihak guna mewujudkan Pilkada berkualitas.

(SSR/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi