Harga Cabai Merah dan Daging Ayam Turun Dalam, Sumut Bakal Cetak Deflasi Terbesar di 2024

Harga Cabai Merah dan Daging Ayam Turun Dalam, Sumut Bakal Cetak Deflasi Terbesar di 2024
Harga Cabai Merah dan Daging Ayam Turun Dalam, Sumut Bakal Cetak Deflasi Terbesar di 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Harga cabai merah turun hingga menyentuh Rp 28 ribu per Kg. Tren penurunan harga sejumlah kebutuhan masyarakat terus terjadi jelang akhir Juni 2024.

Berdasarkan pemantauan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), Kamis (27/6), harga cabai merah di Kota Medan berada dalam rentang Rp 31 ribu hingga Rp 40 ribu per Kg. Dengan banyak varian harga dan kualitas yang menjadi membuat perbedaan harga.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, selain cabai merah, harga tomat juga terpantau mengalami penurunan. Harga tomat memang masih dijual dalam rentang Rp 6.000 hingga Rp 10 ribu per 3 Kg untuk kualitas medium ke super.

“Akan tetapi, harga tomat juga ada yang dijual Rp 3.500 per Kg, bahkan dihargai Rp 10 ribu per 3 Kg. Selanjutnya harga bawang merah juga terpantau lebih murah di bulan ini dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Gunawan.

Harga bawang merah saat ini dijual dalam rentang Rp 37.500 hingga Rp 40 ribu per Kg mengacu kepada PIHPS Kota Medan. Dan variasi harga bawang merah juga terpantau cukup banyak di pasar tradisional. Bahkan ada yang dijual dikisaran Rp 33 ribu per Kg.

“Dibandingkan dengan bulan kemarin, harga bawang merah sudah jauh lebih rendah. Pada bulan kemarin sempat berada di atas Rp 50 ribu per Kg,” sebut Gunawan.

Selanjutnya, harga daging ayam juga terpantau bergerak lebih rendah di bulan ini. Harga daging ayam bergerak dalam rentang Rp 23 ribu hingga Rp 30 ribu per Kg. Lebih murah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai Rp 37 ribu hingga Rp 40 ribu per Kg.

Dan masih ada sejumlah komoditas pangan lainnya yang bergerak turun. Diantaranya adalah bawang putih, ikan tongkol dan ikan dencis.

Selebihnya harga sejumlah kebutuhan lain seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, terpantau bergerak relatif stabil di bulan Juni.

Menurut Gunawan, dengan penurunan sejumlah harga kebutuhan pangan strategis tersebut, dirinya menghitung bahwa Sumut berpeluang deflasi 0.27% hingga 0.4%.

“Deflasi pada Juni ini berpeluang menjadi deflasi terbesar di tahun 2024,” pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi