Angka Kemiskinan Menurun, IPM Deliserdang Lampaui Capaian Nasional

Angka Kemiskinan Menurun, IPM Deliserdang Lampaui Capaian Nasional
Pj Bupati Wiriya Alrahman dan unsur forkopimda pada upacara HUT ke-78 Kabupaten Deliserdang (Analisasaily/Rinto Sustono)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Menapaki usia ke-78 tahun, Kabupaten Deliserdang kian mengalami kemajuan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) pada 2023 di angka 77,16 lebih tinggi dibandingkan IPM Sumatera Utara (Sumut) 75,15, bahkan melampaui IPM Nasional 74,39.

"Sedangkan pertumbuhan ekonomi Deliserdang, pada tahun 2022 sebesar 5,34 persen atau mengalami pertumbuhan positif dibandingkan tahun 2021 sebesar 4,7 persen. Hal ini berpengaruh pada penurunan angka kemiskinan," ungkap Pj Bupati Deliserdang Wiriya Alrahman pada Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-78 Kabupaten Deliserdang, Senin (1/7).

Menurutnya, angka kemiskinan di daerah ini pada tahun 2023 sebesar 3,44 persen atau menurun dibanding tahun sebelumnya 3,62. Capaian inj masih lebih baik dibanding Provinsi Sumatera Utara yang angka kemiskinannya masih 8,15 persen dan secara nasional sebesar 9,36 persen.

Karena itu, Wiriya mengajak segenap masyarakatnya untuk bersyukur atas berbagai capaian pembangunan. Terutama menyangkut IPM yang positif, bahkan mencapai peringkat tertinggi di antara kabupaten/kota lainnya di Sumut.

Kecuali itu, Deliserdang juga banyak memperoleh penghargaan, baik dari pemerintah pusat maupun berbagai lembaga yang berkompeten. Hal ini sebagai bentuk pengakuan terhadap keberhasilan Pemkab Deliserdang dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan masyarakat.

"Berbagai capaian dan penghargaan ini, tentunya memberi konsekuensi dan tanggungjawab lebih besar untuk terus mendorong peningkatan kinerja, kebersamaan, kekompakan, sinergitas, dan kolaborasi untuk mewujudkan masyarakat Deliserdang yang lebih maju dan sejahtera," paparnya.

Wiriya kembali berharap, momen hari jadi ke-78 yang mengangkat tema "Terus Melangkah untuk Kejayaan Deliserdang" itu sepantasnya disyukuri. Karena dengan berbagai keberhasilan pembangunan, masyarakat dapat hidup rukun dan damai dalam kebhinekaan. Bahkan, mampu mengambil berbagai peran positif dalam kancah pembangunan bangsa.

Di hadapan Pj Gubsu yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan MA Effendi Pohan, anggota DPRD Sumut Wagirin Arman dan M Subandi, Wakil Ketua PRD Deliserdang T Akhmad Tala'a selaku pimpinan sidang, mengajak agar sinergitas terus di tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat.

"Seiring tema hari jadi, berbagai pembnagunan yang dilaksanakan selama ini tidak terlepas dari hambatan. Namun kekurangan dan tantnagan yang ada, hendaknya menjadi motivasi bagi kita untuk mencari solusinya," ujarnya disaksikan mantan Bupati/Wakil Bupati M Ali Yusuf Siregar dan mantan Wakil Bupati Zainuddin Mars.

Sebelumnya, Pj Bupati Wiriya bertindak selalu inspektur upacara pada upacara hari jadi di Lapangan Alun-alun Pemkab Deliserdang, Lubukpakam. Upacara diikuti Ketua/Wakil Ketua DPRD Deliserdang, segenap unsur forkopimda, kepala OPD, ASN, dan undangan lainnya.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi